Bendungan Kamijoro Bantul, Wisata Baru yang Mencuri Perhatian Wisatawan

Selain menjadi kota bagi para pelajar dan bagi para seniman, kota Yogyakarta juga memilki destinasi wisata yang seakan-akan tak habis untuk di explore satu persatu. Bahkan masih terus bertambah jumlahnya.

Salah satu tempat wisata baru yang cukup viral akhir-akhir ini yaitu Bendungan Kamijoro Bantul. Bendungan ini dibangun untuk pengairan sawah seluas 2.370 hektar lebih di kabupaten Bantul. Meski fungsi utama dari bendungan ini adalah sebagai saluran irigasi, namun justru bendungan ini kemudian jauh lebih di kenal sebagai tempat wisata.

Bendungan Kamijoro ini terletak di perbatasan antara Bantul dan Kulon Progo. Wisata ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk bersantai, berolahraga, taman bermain anak, dan sebagai tempat untuk berfoto yang tentu instagramable.

Walaupun baru dibuka, Taman Bendungan Kamijoro ini sudah menyita perhatian publik khususnya para pecinta wisata dan langsung hits di media sosial. Pembangunan bendungan ini selain untuk pengairan sawah, juga dilengkapi dengan taman dan menjadi ruang terbuka publik.

Bendungan ini juga memiliki nilai sejarah yang cukup panjang. Bendung Kamijoro, yang terletak di Plambongan, Triwidadi, Pajangan, Bantul bertahan menembus masa. Dibangun pada era Hindia-Belanda, hingga kini bendung ini dapat dilihat mata. Bukan bendung biasa, Kamijoro memiliki nilai sejarah dalam pembangunannya. Bendungan ini dibangun oleh seorang keturunan Belanda-Jerman pada awal abad 19.

Setelah mengalami berbagai bentuk renovasi, banyak sekali pengunjung dari luar dan dalam kota yang tertarik untuk melihat keelokan tempat asri dan masih terbilang baru ini. Disana kamu akan menjumpai berbagai macam orang yang sedang berjualan, menyeberangi kali progo menggunakan jembatan.

Bendungan ini dapat menjadi tempat wisata mengesankan bagi keluarga dan pasangan ataupun untuk sekedar menjadi spot foto yang asik, kemungkinan akan ada spot tambahan lagi untuk wisatawan. Kunjungan yang paling tepat buat berada di destinasi ini adalah sekitar pukul 16.00 WIB sampai 18.30 WIB sore hari. Mengapa harus sore hari? Sebab disana yang menjadi primadona adalah keindahan sunset yang bisa kamu saksikan sambil bersantai bersama orang terkasih.

Tentunya Bendungan Kamijoro sudah menjadi aset bagi Daerah Istimewa Yogyakarta dan kemungkinan besar akan terus mengalami berbagai bentuk renovasi agar dapat bermanfaat bagi masyarakat, baik dari segi hiburan maupun pertanian.

Harga Tiket Masuk

Nah, untuk berkunjung dan menikmati keindahan Bendungan Kamijoro kamu hanya perlu membayar parkir saja yaitu Rp. 2.000/motor dan Rp. 5.000/mobil. Dengan harga yang begitu terjangkau kamu sudah bisa memanjakan mata dengan keindahan Bendungan kamijoro ini.

Bendungan Kamaijoro sendiri buka setiap harinya mulai dari pagi hari hingga malam hari, jadi kamu bisa dengan bebas menyesuaikan jadwalmu untuk berkunjung kesana tanpa harus khawatir.

Rute Perjalanan

Bendungan Kamijoro berlokasi di Plambongan, Bantul, Daerah Istimewah Yogyakarta. Sekitar 21km dari pusat kota Jogja melalui Jl. Yogyakarta-wates atau sekitar 40 menit jika ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dan berjarak 18km dari terminal Giwangan melalui Jl. Parangtritis atau sekitar 33 menit jika ditempuh dengan kendaraan pribadi.

Jika kamu masih bingung karena baru pertama kali berkunjung ke Yogyakarta kamu juga bisa mengakses lokasi rute lokasi Kamijoro di google maps biar nggak ribet.

Fasilitas

Walaupun tempat wisata ini tidak memungut biaya, namun kamu bisa menikmati berbagai fasilitas yang di sedikan di sini loh. Fasilitas yang ada di Bendungan ini antara lain:

  • Musholla
  • Tempat Parkir
  • Warung
  • Taman
  • dan masih banyak lagi

Meskipun fasilitas yang tersedia belum cukup memadai namun hal itu tidak akan mengurangi pesona yang ditawarkan bendungan satu ini, bukan?

Daya Tarik

Buat kamu yang suka spot-spot foto keren, maka tempat ini akan sangat direkomendasikan buat kamu. Bendungan Kamijoro juga mempunyai taman tempat untuk bersantai, juga untuk berolahraga bersama teman, pacar, keluarga atau kerabat terdekat.

selain itu pengunjung juga bisa menikmati Matahari terbenam saat senja. Destinasi ini bisa menjadi tempat kamu dan pasangan menciptakan momen-momen romantis yang tak terlupakan.

Obyek Wisata di sekitar Bendungan Kamijoro:

Nah, selain bendungan kamijoro terdapat beberapa lokasi wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga yang tentu tidak terlalu jauh, seperti:

  • Kebun buah Mangunan.tempat ini berjarak 34km dari lokasi bendungan atau sekitar 1 jam 34 menit jika di tempuh menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat (jika lalu lintas tidak macet)
  • Seribu batu songgo yang berjarak sekitar 33km dari lokasi bendungan atau sekitar 1 jam 1 menit jika di tempuh dengan kendaraan pribadi (jika lalu lintas normal)
  • Puncak becici yang berjarak sekitar 37km dari lokasi atau bisa di tempuh dalam 1 jam 12 menit perjalanan jika menggunakan kendaraan pribadi (jika lalu lintas normal)
  • Hutan pinus pengger yang berjarak 44km atau sekitar satu jam 20 menit jika ditempuh menggunakan kendaraan pribadi dan keadaan lalu lintas normal
  • Gumuk pasir 30km dari lokasi atau sekitar 51 menit saja jika di tempuh menggunakan kendaraan pribadi.

 


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *