web log free Bakal Nyesal Jika Tidak Mencoba Kuliner Ini! - Travelling News

Bakal Nyesal Jika Tidak Mencoba Kuliner Ini!

Nyero.ID – Terkenal dengan julukan Paris Van Java, Bandung menjadi salah satu pusat kuliner yang menyajikan ragam hidangan enak nan menggugah selera. Berwisata ke Bandung tidak akan lengkap tanpa mencicipi aneka hidangan dengan cita rasa yang cukup menggoda.

Bukan hanya kaya akan kulier tradisional saja, berbagai macam olahana makanan di Bandung juga berinovasi sehingga kuliner di Bandung semakin bervariasi. Sangat cocok buat kamu yang suka jalan-jalan sekaligus berwisata kuliner dengan aneka makanan khas dan unik di dalamnya.

Tidak perlu panjang lebar, berikut ini adalah beberapa makanan khas Bandung yang wajib kamu nikmati saat liburan ke Bandung.

Nasi Kalong

Terdengar unik, nasi kalong merupakan salah satu makanan khas Bandung yang cocok buat menemani makan malammu bersama dengan keluarga atau sahabat. Disebut dengan nasi kalong karena nasi ini disajikan pada malam hari dan berwarna hitam, tapi bukan dari beras hitam ya.

Warna hitam berasal dari kombinasi nasi merah atau nasi putih yang diberikan tambahan bumbu seperti kluwak, bawang merah, kelapa parut, cabai, dan daun salam.  Untuk menambah kelezatan nasi kalong, kamu bisa memilih aneka lauk pauk sebagai pelengkapnya. Seperti dendeng, telur, abon, rendang, dll.

Buat kamu yang penasaran dengan cita rasa nasi kalong bisa langsung datang ke Kedai Nasi Kalong yang berada di Jalan R.E. Martadinata no. 102, Bandung.

Lotek

Makanan khas Bandung ini memiliki tampilan yang mirip dengan gado-gado Jakarta maupun pecel. Tambahan kencur pada bumbu lotek memberikan cita rasa tersendiri yang membuat lotek semakin nikmat disantap bersama irisan ketupat atau lontong.

Makanan dengan bahan utama sayuran ini dicampurkan dengan bumbu kacang sehingga membuat rasanya semakin menggoda. Sebagai salah satu menu sehat, lotek sangat mudah ditemukan di berbagai sudut Bandung.

Diantaranya ada di Warung Lotek Macan yang berada di Jalan Macan No.1, Burangrang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung. Rekomendasi lainnya adalah Lotek Kalipah Apo 42 di Jalan Kalipah Apo No. 42, Karanganyar, Astanaanyar, Kota Bandung.

Mie Kocok

Sajian mie yang satu ini sangat memanjakan lidah karena menggunakan aneka rempah yang cukup lengkap. Bentuk mie pipih yang dipadukan kuah kaldu terasa semakin nikmat dengan isian berupa potongan kikil, sumsum, bawang goreng, dan daun seledri.

Keunikan rasa mie kocok bisa kamu dapatkan di Kedai Mie Kocok Mang Dadeng yang berada di Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan No. 67, Turangga, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat.

Batagor

Makanan khas Bandung ini sangat populer dan menjadi salah satu jajanan wajib yang harus kamu cicipi saat berada di Bandung. Batagor sendiri merupakan akronim dari bakso tahu goreng yang dipadukan dengan bumbu kacang dan kecap dengan cita rasa manis, gurih dan pedas.

Untuk menikmati seporsi batagor kamu bisa datang ke Batagor Raja yang ada di Jalan Dr. Otten No. 11, Bandung, Batagor H. Isan di Jalan Bojongloa No. 38, Bandung, atau Batagor Yunus di Jalan Kopo No. 68, Bandung.

Seblak

Kuliner khas Bandung ini cukup hits di kalangan masyarakat karena menawarkan cita rasa yang begitu menggoda. Jajanan ini terbuat dari kerupuk aci basah dengan tekstur kenyal yang unik. Cita rasanya semakin nendang karena menggunakan bumbu dan rempah yang cukup lengkap. Rasa seblak semakin nikmat dengan adanya tambahan lain di dalamnya seperti daging, sayur, dan telur.

Di Bandung sendiri ada banyak tempat makan dengan menu seblak yang memanjakan lidah. Salah satunya adalah Seblak Jebred yang berada di Jalan Buah Batu No. 163, Turangga, Lengkong, Bandung. Menu seblak di tempat ini semakin istimewa dengan tambahan kikil, ceker, tahu krispi, dan sosis di dalamnya.

Rujak Cuka

Kuliner yang satu ini menawarkan keunikan rasa yang begitu menggoda karena memadukan aneka buah dan sayuran di dalamnya. Kuah asam dengan sensasi rasa pedas dan manis pada rujak cuka membuat siapapun tidak akan bosan untuk menikmatinya lagi dan lagi.  Buah-buahan yang digunakan biasanya adalah jambu air, bengkoang, mangga muda, nanas, mentimun, dll. Sementara sayurannya adalah tauge dan kol.

Seporsi rujak cuka yang segar bisa kamu dapatkan di Rujak Cuka Pa Aban yang berada di Jalan Moh. Toha No. 360, Bandung Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.  Rekomendasi lainnya adalah Rujak Cuka dan Lotek Mekarwangi yang berada di Mekarwangi, Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat.

Gurandil

Jajanan pasar khas Bandung ini terbuat dari tepung tapioka yang dibuat adonan dan dibentuk bulat atau kotak dengan warna-warni menarik. Tektstur gurandil yang kenyal terasa semakin enak saat ditambahkan dengan parutan kelapa dan taburan gula pasir di atasnya.

Jajanan manis ini bisa kamu temukan di daerah Pertokoan Cicadas di Jalan Ahmad Yani dan Jalan Cikutra yang dikenal sebagai pusat jajanan khas Bandung.

Ketan Bakar

Kuliner tradisional ini dikenal dengan sebutan ulen dan biasanya disajikan bersama sambal oncom, serundeng, atau bumbu kacang. Ketan bakar terbuat dari besar ketan, santan, kelapa parut, dan garam sehingga memberikan cita rasa gurih di dalamnya.

Jajanan enak ini biasanya dijual di beberapa tempat wisata seperti daerah Lembang, di Jalan Dalem Kaum,di sepanjang Jalan Dago dan Ciwalk dengan harga yang sangat terjangkau.

Kelontong

Jajanan tradisional ini biasanya dihidangkan saat hari-hari besar atau saat ada hajatan. Terbuat dari tepung beras ketan, kelontong sangat cocok dinikmati bersama secangkir teh hangat atau kopi. Proses pembuatan kelontong yang cukup lama membuat camilan ini agak sulit untuk ditemukan di hari-hari biasa.

Meskipun terbilang langka, namun camilan ini masih bisa ditemukan di pusat oleh-oleh khas Bandung menjelang lebaran.

Kue balok

Kue tradisional khas Bandung ini memiliki cita rasa manis yang begitu menggoda. Jajajan ini terbuat dari bahan tepung terigu, mentega, telur, dan gula pasir yang dibuat menjadi adonan dan kemudian dipanggang di atas bara api. Meskipun termasuk kue tradisional, namun saat ini kue balok banyak dibuat dengan inovasi baru sehingga lebih kekinian.

Untuk menikmati legitnya kue balok kamu bisa datang ke Kue Balok Kang Didin yang berada di Jalan Abdul Rahman Saleh. Kedai kue ini sudah berdiri sejak tahun 1960-an. Rekomendasi lainnya adalah Kue Balok Mang Udju yang berada di Jalan Cihapit dan Kue Balok Mang Asep di Jalan Moh. Toha, Bandung.

Colenak

Masih dengan camilan manis, colenak menjadi salah satu jajanan yang wajib kamu cicipi saat berada di Bandung. Dikenal juga dengan sebutan tape bakar, colenak semakin nikmat saat disantap bersama gula merah dan parutan kelapa. Rasanya yang manis sangat cocok buat menemani waktu santaimu sembari ngeteh atau ngopi.

Manisnya colenak yang begitu melegenda bisa kamu dapatkan di Colenak Murdi Putra yang berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 733, Padasuka, Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

Es Goyobod

Menu minuman jadul ini menjadi salah satu jajanan khas Bandung yang wajib kamu nikmati kesegarannya. Menu es ini menggunakan goyobod sebagai bahan utamanya, yaitu tepung hunkwe dan santan yang dimasak hingga mengental dan memadat baru kemudian dipotong-potong.

Jika dahulu goyobod identik dengan warna abu-abu, saat ini sudah banyak yang menggunakan daun suji untuk memberikan warna hijau alami pada goyobod. Menu es ini biasanya juga ditambahkan dengan alpukat, kolang-kaling, kelapa muda, potongan roti, tape dan disiram dengan air santan, gula merah cair serta susu kental manis.

Salah satu tempat untuk menikmati es goyobod yang cukup legendaris adalah Es Goyobod Kuno 1949 yang berada di Jalan Pasar Utara, Bandung. Rekomendasi lainnya adalah Goyobod Kliningan yang terletak di Jalan Kliningan No. B9, Bandung.


Sumber : Nyero id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *