47 Tempat Wisata di Jakarta Barat Paling Hits, Wajib Dikujungi Saat Libur!

Tempat Wisata di Jakarta Barat – Jakarta Barat adalah sebuah kota di kawasan DKI Jakarta yang menjadi wilayah perindustrian padat. Bila anda sedang berada di Jakarta Barat maka anda bisa menemukan beberapa pabrik, gedung perkantoran dan pemukiman penduduk yang padat.

Selain itu arus lalu lintas di kawasan Jakarta Barat juga tergolong padat seiring dengan banyaknya aktivitas yang dilakukan oleh masyarakat. Kondisi tersebut tentu membuat siapa saja merasa jenuh dan membutuhkan liburan untuk melepas penat saat akhir pekan tiba.

Artikel terkait: 23 Tempat Wisata Anak di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Bagi anda yang tinggal di Jakarta Barat sebaiknya tak perlu khawatir karena ada berbagai tempat wisata di Jakarta Barat yang bisa anda kunjungi. Tentunya tempat wisata tersebut tak kalah menarik dari tempat wisata di daerah lainnya meskipun lokasinya berada di kawasan yang padat.

Tempat Wisata di Jakarta Barat

Saat anda mendengar nama Jakarta Barat mungkin yang langsung muncul dalam pikiran anda adalah kota yang padat dan ramai. Terlebih selama ini Jakarta Barat dikenal sebagai kota yang memiliki banyak bangunan peninggalan Belanda yang hingga kini banyak dijadikan sebagai tempat bisnis.

Meskipun begitu bukan berarti kawasan ini tidak memiliki tempat wisata seru untuk dikunjungi. Bahkan tidak hanya mall saja, di kawasan ini terdapat beragam objek wisata terbaik yang sayang untuk dilewatkan.

Berikut ini akan dijelaskan daftar tempat wisata di Jakarta Barat yang wajib anda kunjungi saat akhir pekan maupun hari libur nanti:

1. Mini Water Park Jakarta Barat

Lokasi: Perumahan Villa Meruya Blok D1 No. 1, Jalan Taman Palem Raya, Meruya Selatan, Kembangan

Mini Water Park Jakarta Barat via Tripadvisor

Mini Water Park Jakarta Barat via Tripadvisor.co.id

Bila anda ingin mengajak buah hati berwisata sambil bermain air maka mini waterpark merupakan pilihan yang tepat. Mini waterpark ini berada di Villa Meruya dan menawarkan 3 jenis kolam renang untuk pengunjung yaitu kolam renang seluncuran, kolam anak dan kolam dewasa.

Di sisi kolam renang dewasa terdapat payung tenda yang bisa digunakan untuk beristirahat dan berteduh. Sebagai obyek wisata yang cukup ramai, kolam renang ini menyediakan fasilitas yang nyaman untuk pengunjung   sehingga membuat semakin betah.

2. Kota Tua Jakarta

Lokasi: Melintasi Jakarta Utara dan Jakarta Barat.

Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta

Tempat wisata di Jakarta Barat yang satu ini merupakan sebuah peninggalan sejarah yang dahulu merupakan pusat perdagangan di Asia pada abad ke-16. Saat berada di Kota Tua ini anda bisa merasakan suasana yang khas seperti di masa lampau.

Sebab di kawasan Kota Tua ini berbagai bangunan peninggalan Belanda masih asli dan belum mengalami perubahan. Untuk melengkapi keseruan saat berkunjug ke Kota Tua maka wisatawan bisa menyewa sepeda onthel untuk berkeliling Kota Tua sambil berfoto.

Keindahan arsitektur bangunan di Kota Tua ini merupakan surga bagi para pencinta fotografi. Tak heran bila Kota Tua menjadi tempat wisata favorit para wisatawan saat akhir pekan maupun hari libur.

Kunjungi juga: 40 Objek Wisata di Jakarta Selatan yang Wajib Dikunjungi!

3. Museum Fatahillah

Lokasi: Jalan Taman Fatahillah No.1, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat

Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Museum yang satu ini juga  dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta dan menjadi salah satu museum paling besar di Jakarta. Museum Fatahillah dibangun pada tahun 1707 dan dijadikan sebagai balai kota yang dilengkapi dengan ruang kantor, penjara bawah tanah dan ruang pengadilan.

Namun pada tahun 1974, bangunan ini justru berubah fungsi menjadi sebuah museum. Saat berada di museum ini anda bisa melihat berbagai koleksi diantaranya keramik, prasasti, barang arkeologi, mebel antik, benda kebudayaan betawi, patung, meriam, dan lain sebagainya.

Untuk fasilitas yang dimiliki museum ini diantaranya perpustakaan, toko souvenir, museum, kantin, mushola, taman dan ruang pertemuan. Bagi anda yang ingin berkunjung ke museum Fatahillah sebaiknya datang pada akhir pekan saja. Sebab saat hari kerja biasanya jalanan di sekitar museum sangat dipadati kendaraan.

4. Jembatan Kota Intan

Lokasi: RT.8/RW.7, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat

Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan

Tempat wisata di wilayah Jakarta Barat ini menawarkan sebuah jembatan unik peninggalan Belanda yang hingga saat ini masih tersisa.

Meskipun jembatan ini sempat rusak karena serangan di tahun 1629 namun jembatan ini akhirnya bisa diperbaiki kembali oleh Belanda. Jembatan Kota Intan yang berada di kawasan Kota Tua ini adalah jembatan yang terbuat dari kayu dan besi sehingga menjadi jembatan yang menarik sebagai spot berfoto.

5. Museum Bank Indonesia

Lokasi: Jl. Pintu Besar Utara No. 3, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat

Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Jakarta Barat memiliki banyak tempat wisata sejarah salah satunya Museum Bank Indonesia. Museum yang satu ini merupakan museum yang sangat modern, rapi dan bersih sehingga akan membuat wisatawan yang datang merasa betah.

Saat anda memasuki museum ini maka anda akan dimanjakan dengan ruangan museum yang ber-AC, penataan yang rapi serta manajemen museum yang baik. Dengan kondisi tersebut menjadikan museum layak menjadi museum berkualitas internasional.

Museum Bank Indonesia menyimpan berbagai koleksi berupa uang logam, uang kertas, brankas, emas batangan, dan berbagai jenis benda lainnnya yang menjadi saksi sejarah keuangan di Indonesia. Untuk memasuki museum ini, anda tak perlu membayar tiket masuk karena gratis.

Tentunya berwisata ke Museum Bank Indonesia tidak hanya memberikan hiburan semata namun juga menambah wawasan anda.

6. Museum Seni Rupa dan Keramik

Lokasi: Jl. Pos Kota, RT.9/RW.2, Jakarta Barat

Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik

Bagi anda yang menyukai hal-hal berbau seni maka silakan mengunjungi Museum Seni dan Keramik di kawasan Jakarta Barat.

Museum yang satu ini merupakan rumah bagi banyak karya seni berkelas internasional serta karya seniman Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1800an.

Untuk koleksi seni yang ada di museum ini jumlah mencapai 400 benda. Dimana jenis koleksi benda tersebut antara lain lukisan, patung batik tulis, sketsa, totem kayu dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk koleksi keramik, museum ini memiliki koleksi keramik asing dan lokal yang sekaligus menjadi warisan sejarah dan negara.

7. Museum Wayang

Lokasi: Jl. Pintu Besar Utara No.27, RT.7/RW.7, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat

Museum Wayang

Museum Wayang

Museum Wayang merupakan sebuah museum yang ada di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Jakarta Barat. Museum ini memiliki berbagai jenis koleksi wayang yang jumlahnya mencapai 6000 wayang.

Sedangkan jenis wayang yang terdapat di museum ini diantaranya wayang kulit, wayang golek, wayang mainan, wayang klitik, dan wayang topeng. Berbagai koleksi wayang di Museum Wayang ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Uniknya, masing-masing jenis wayang tersebut memiliki cerita sejarah yang menarik. Tidak hanya menampilkan koleksi wayang dari dalam negeri saja, di museum ini juga terdapat koleksi wayang dari luar negeri berupa  boneka yang ada di lantai 2.

8. Toko Merah

Lokasi: Jl. Kali Besar Barat No. 11, Pinang Siang, Tambora, RT.7/RW.3, Roa Malaka, Tambora

Toko Merah

Toko Merah

Tempat wisata yang satu ini memang cukup unik karena merupakan bangunan berwarna merah. Toko Merah yang berada di kawasan Kota Tua ini dahulu merupakan tempat tinggal salah seorang Gubernur Jendral VOC.

Untuk nama Toko Merah muncul ketika seseorang keturunan China memakai bangunan ini di tahun 1851 sebagai sebauh toko. Namun ada banyak cerita seram yang muncul di masyarakat terkait Toko Merah.

Tetapi saat anda masuk ke toko ini maka anda bisa melihat bangunan di dalam toko yang masih terawat dengan baik. Hal tersebut tentu dapat mematahkan anggapan masyarakat mengenai cerita seram yang selama ini beredar.

9. Museum Tekstil

Lokasi: Jl. Aipda Ks Tubun No.2-4, Tanah Abang, Petamburan, RT.6/RW.1, Kota Bambu Sel., Palmerah, Kota Jakarta Barat

Museum Tekstil

Museum Tekstil

Museum Tekstil merupakan museum di Jakarta Barat yang terletak di Jalan K.S Tubun Petamburan Nomor 4. Museum ini dahulu adalah seuah rumah milik orang Perancis lalu diserahka kembali kepada Pemda  Jakarta.

Museum Tekstil memiliki ciri khas yang terlihat dari ukuran pintunya yang sangat besar. Sel;ain itu bangunan museum ini memiliki arsitektur kolonial dan menggunakan keramik bermotif unik. Sesuai dengan namanya, Museum Tekstil ini memiliki ribuan kai yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Namun di museum ini hanya sebagian kecil saja yang dipamerkan pada pengunjung. Untuk jenis kain yang dipamerkan juga sangat beragam diantaranya kain jumput, kain tenun, kain batik, baju yang terbuat dari kulit kayu dan kain campuran.

10. Masjid An-Nawier

Lokasi: JL. Pekojan, RT. 01/02, RT.3/RW.1, Pekojan, Tambora, Kota Jakarta Barat

Masjid An-Nawier

Masjid An-Nawier

Masjid An-Nawier merupakan salah satu destinasi wisata religi dan wisata sejarah di Jakarta Barat. Masjid ini dahulu merupakan pusat penyebaran agama Islam dan memiliki desain bangunan yang unik karena berpadu dengan budaya asing.

Salah satu keunikan yang dimiliki oleh masjid ini yaitu tidak adanya kubah di masjid ini sehingga terlihat berbeda dengan masjid pada umumnya. Meskipun begitu masjid An-Nawier ini mampu menampung 2.000 jamaah yang melaksanakan solat di masjid ini. Dengan desain bangunan unik dan kisah sejarahnya maka menjadikan masjid An-Nawier sebagai destinasi wisata yang ramai.

11. Gereja Sion (Gereja Portugis)

Lokasi: Jl. Jemb. Batu No.17, RT.9/RW.4, Kota Tua, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat

Gereja Sion (Gereja Portugis)

Gereja Sion (Gereja Portugis)

Gereja Sion atau sering disebut sebagai Gereja Portugis ini merupakan sebuah gereja kuno yang memiliki arsitektur yang kokoh dan megah. Geraja Sion mampu menampung sekitar 1.000 orang dan berada di Jalan Pangeran Jayakarta.

Dibalik kemegahan bangunannya ternyata gereja ini juga memiliki fakta unik yaitu sejak awal berdiri hingga saat ini bangunan gereja tetap digunakan seperti fungsi awalnya. Kebanyakan bangunan tua di Jakarta Barat sudah beralih fungsi namun berbeda dengan Gereja Sion ini.

12. Museum Bank Mandiri

Lokasi: Jl. Lapangan Stasiun No. 1, RT. 3 / RW. 6, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat

Museum Bank Mandiri via Panoramio

Museum Bank Mandiri via Panoramio.com

Museum Bank Mandiri merupakan sebuah museum yang berada di Jalan Lapangan Satsiun Nomore 1 RT 3/RW 6, Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat.

Museum Bank Mandiri adalah bangunan yang menempati gedung bekas Factorij Belanda yang tak lain adalah sebuah perusahaan Belanda yang diubah menjadi perusahaan keuangan.

Diketahui bahwa museum ini dirikan pada 2 Oktober 1998 dengan luas bangunan 10.039 meter persegi. Saat anda berada di dalam museum maka akan ada banyak peralatan perbankan di zaman dahulu seperti brankas, surat berharga, benda-bena antik, mata uang kuno dan lain sebagainya. Melalui berbagai peninggalan tersebut maka anda bisa memperoleh pengetahun seputar dunia perbankan di zaman dahulu.

13. Jakarta Aquarium

Lokasi: Jalan Letjen S. Parman No.28, RT.3/RW.5, Tj. Duren Sel., Grogol petamburan

Jakarta Aquarium via Liswanpertiwi

Jakarta Aquarium via Liswanpertiwi.com

Tempat wisata di Jakarta Barat ini menyajikan pemandangan laut yang begitu indah. Jakarta Aquarium berada dekat dengan Mall Central Park sehingga mudah untuk dijangkau.

Tempat wisata yang satu ini menyajikan tempat wisata kekinian yang tidak hanya bisa dijadikan sebagai tempat untuk bersenang-senang namun juga untuk belajar. Sebab di Jakarta Aquarium ini banyak terdapat hewan laut yang bisa dikenalkan pada anak-anak.

14. Museum Trisakti

Lokasi: Lobby Gedung Dr. Syarif Thajeb, Kampus A Universitas Trisakti, Jalan Kiyai Tapa (Grogol)

Museum Trisakti via Tribunnews

Museum Trisakti via Tribunnews.com

Museum Trisakti merupakan sebuah museum yang dibangun untuk menghormati para pejuang reformasi yang telah gugur ketika kerusuhan Mei tahun 1998 lalu. Dalam peristiwa tersebut empat mahasiswa Universitas Trisakti meninggal dunia.

Untuk mengenang peristiwa tersebut maka di Museum Trisakti ini terdapat berbagai koleksi berupa diorama, barang-barang korban, serta foto yang menceritakan kejadian kerusuhan tersebut. Dalam foto tersebut disajikan urutasn kejadian kerusahan mulai dari aksi damai, orasi, upaya polisi untuk menghalau hingga peristiwa penembakan.

Bahkan di dalam museum tersebut juga terdapat puisi karya Taufiq Ismail yang telah dibuat satu hari setelah terjadinya peristiwa tersebut. Untuk memasuki museum ini pengunjung sama sekali tidak dipungut biaya alias gratis.

Jangan lewatkan juga: 46 Objek Wisata di Jakarta Timur yang Wajib Dikunjungi!

15. Museum Arsip Nasional

Jl. Gajah Mada No.111, RT.1/RW.1, Krukut, Tamansari, Kota Jakarta Barat

Gedung Arsip Nasional via sugaranspace

Gedung Arsip Nasional via sugaranspace.com

Museum Arsip Nasional merupakan sebuah museum yang berada di Jalan Gajah Mada Jakarta Barat. Pada tahun 1900 silam, gedung ini sempat dijual ke pemerintah Kolonial Belanda dan di tahun yang sama pemerintah Kolonial Belanda langsung memakai gedung ini.

Dahulu sebelum menjadi Museum Arsip Nasional, gedung ini pernah dijadikan sebagai gedung penyimpanan arsip oleh pemerintah kolonial Belanda. Bangunan museum ini memiliki pagar yang kokoh dan terdapat taman dengan berbagai jenis bunga.

16. Museum Macan

Lokasi: AKR Tower Level MM, Jl. Perjuangan No.5, RT.11/RW.10, Kb. Jeruk, Kota Jakarta Barat

Museum Macan via Tripcanvas

Museum Macan via Tripcanvas.co

Museum Macan merupakan sebuah museum yang sudah dibuka untuk umum pada bula November 2017  lalu. Museum Macan adalah museum institusi pertama yang memiliki koleksi berupa karya seni kontemporer serta modern yang diberikan pada akses publik.

Museum yang memiliki luas 4000 meter persegi ini sukses membuat para pengunjung yang tak laian adalah para pencinta seni dibuat kagum dan takjub. Sebab di dalam museum ini terdapat setidaknya 800 koleksi seni yang berhasil dikumpulkan selama 25 tahun oleh kolektor bernama Adikoesoemo.

Tentunya saat berada di dalam museum ini anda bisa melihat berbagai karya seni rupa dari seniman Indonesia hingga dari berbagai negara.

17. Pancoran China Town

Lokasi: Jl. Pancoran No.4, RT.2/RW.1, Glodok, Tamansari, Kota Jakarta Barat

Pancoran China Town

Pancoran China Town

Bagi anda yang ingin merasakan suasana etnis Tionghoa yang begitu kental di kawasan Jakarta Barat maka silakan datang ke Pancoran China Town. Saat anda menginjakkan kaki di kawasan ini maka anda akan melihat gerobak penjual jajanan yang ada di pinggir jalan.

Selain itu terdapat pula berbagai toko yang berderet menawarkan beragam jenis dagangan maulai dari kue kering, ramuan herbal China, perabot rumah, manisan, buah-buahan dan lain sebagainya. Bahkan ada pula produk unik yang didatangkan langsung dari China dan dijual di kawasan Pancoran China Town ini.

Saat anda berjalan di sekitaran kawasan ini maka akan terlihat lampion merah yang menghiasi bangunan dan jalan. Di petak sembilan, para wisatwan bisa berkunjung ke Klenteng legendaris yaitu Vuhara Dharma Bakti.

Jangan sampai kelewatan mencicipi berbagai sajian kuliner khas China di Pancoran China Town seperti rujak juhi, sayuran khas chinese food, kedai kopi tek kie, sekba dan lain sebagainya.

18. Taman Cattelya Jakarta

Lokasi: Kemanggisan, Palmerah, Kota Jakarta Barat

Taman Cattelya Jakarta via @donandantino

Taman Cattelya Jakarta via @donandantino

Kota Jakarta dikenal sebagai kota yang panas dan mempunyai polusi udara yang tinggi. Bagi anda yang sedang mencari suasana nyaman dan cocok untuk melepas penat maka sikalan saja datang ke Taman Cattelya di kawasan Kemanggisan, Pamerah, Jakarta Barat.

Saat berada di taman ini anda bisa menyaksikan pemandangan alam yang hijau dan rimbun. Pepohonan yang tumbuh dengan subur mampu memberikan suasana yang sejuk serta udara yang bersih di kawasan taman ini.

Simak selengkapnya: Nongkrong Asyik di Taman Cattleya Tomang Jakarta Barat

19. Hutan Kota Srengseng

Lokasi: Jalan Haji Kelik RT.8/RW.6, Srengseng, Jakarta Barat, Kota Jakarta Barat

Hutan Kota Srengseng via @rurryjuliansyah31

Hutan Kota Srengseng via @rurryjuliansyah31

Meskipun dikenal sebagai lokasi yang padat namun ternyata Jakarta Barat memiliki kawasan hijau yang nyaman dan terasa sejuk yaitu Hutan Kota Srengseng.

Saat anda memasuki kawasan hutan kota ini maka terdapat gapura dan tempat pembelian tiket masuk. Dengan harga tiket yang sangat terjangkau tentu akan membuat liburan anda di Hutan Kota Srengseng ini tak perlu menguras kantong.

Sesuai dengan namanya, kawasan ini memiliki hutan dengan pepohonan yang rindang dan sejuk. Selain itu terdapat pula area bermain anak-anak, jogging track, panggung terbuka dan berbagai fasilitas wisata lainnya. Terdapat pulau sebuah danau yang menambah kesan sejuk di hutan kota ini.

20. Sky Rink

Lokasi: Mall Taman Anggrek, Jalan Letjen S. Parman Kav. 21, Tanjung Duren Selatan, Grogol

Sky Rink via Idetraveling

Sky Rink via Idetraveling.com

Bagi anda yang ingin bermain ski maka tak perlu repot-repot harus ke luar negeri karena kini di Jakarta Barat telah tersedia lokasi Sky Rink yang ada di Mall Taman Anggrek.

Bahkan di kawasan ini anda bisa bermain ski sepuasnya dengan membayar tiket masuk yang terjangkau. Namun biasanya biaya tiket tersebut  berlaku untuk 2 jam permainan dan jika melebihi maka akan dikenai biaya charge.

21. Tribeca Park

Lokasi: Jl. Letjen S. Parman No. 28, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

Tribeca Park via @aneethamaria

Tribeca Park via @aneethamaria

Tribeca Park merupakan taman yang unik karena dibangun di dalam ruangan. Taman yang satu ini berada di dalam Mall Taman Anggrek dengan luas lahan 1,5 hektar.

Meskipun Tribeca Park berada di dalam ruangan namun taman ini mempunyai koleksi tanaman yang sangat lengkap. Bahkan di dalam taman juga terdapat aneka pohon rindang sedangkan di luar taman penuh dengan beragam tanaman hias yang memanjakan mata.

22. Bentara Budaya Jakarta

Lokasi: Jl. Palmerah Selatan No. 17, Palmerah, Jakarta Barat

Bentara Budaya Jakarta via @BentaraBudayaJakarta

Bentara Budaya Jakarta via @BentaraBudayaJakarta

Tempat wisata yang satu ini merupakan tempat kesenian yang berada di bawabh naungan Kompas. Sesuai dengan namanya, Bentara Budaya ini menjadi lokasi pertunjukkan kesenian Jakarta maupun Indonesia sebagai upaya untuk memperkenalkan budaya-budaya di Indonesia.

Untuk jenis pertunjukkan yang biasanya ditampilkan di tempat ni yaitu lukisan serta berbagai macam kesenian yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

23. Masjid Raya KH. Hasyim Asyari

Lokasi: Semanan, Kalideres, Jakarta Barat

Masjid Raya KH. Hasyim Asyari via Kompas

Masjid Raya KH. Hasyim Asyari via Kompas.com

Masjid yang satu ini  juga dikenal sebagai Masjid Raya Daan Mogot. Masjid yang dirikan pada tahun 2017 lalu mempunyai bentuk bangunan yang unik dan mengadopsi dari budaya khas Betawi. Tidak hanya sekedar berkunjung dan melaksanakan ibadah saja, di masjid ini anda bisa belajar ilmu agam Islam untuk memperdalam keimanan dan ketakwaan.

24. Istana Dadap Restaurant

Lokasi: Jl Daan Mogot Km 10 No. 151, Kedaung Kali Angke, Cengkareng Jakarta Barat

Istana Dadap Restaurant

Istana Dadap Restaurant

Berwisata di Jakarta Barat sepertinya kurang lengkap bila tidak mencicipi aneka sajian kulinernya. Salah satunya bisa anda nikmati di Istana Dadap Restaurant yang berada di kawasan Cengkareng Jakarta Barat.

Di restoran ini anda bisa menikmati sajian makanan khas Sunda dengan konsep rumah makan Sunda. Bagi anda yang rindu dengan sajian khas Sunda maka direstoran ini tersedia menu khas Sunda yang sangat lengkap mulai dari lauk pauk, minuman hingga penyajianya yang khas Sunda.

Tak lupa pula menikmati sajian lalapan khas Sunda yang dijamin akan membuat citarasa makanan tersebut semakin mantap.

25. Rumah Makan Dudung

Lokasi: Jl. Tj. Duren Barat Blok G2 No.19, RT.6/RW.3, Tj. Duren Utara, Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat

Rumah Makan Dudung via Pergikuliner

Rumah Makan Dudung via Pergikuliner.com

Bagi anda pencinta sop kaki kambing maka silakan mampir ke Rumah Makan Dudung yang ada di Cengkareng Jawa Barat. Sajian makanan khas rumah makan ini adalah sop kaki kambing yang sudah sangat terkenal di kawasan Jakarta.

Awalnya rumah makan ini hanya berupa warung kecil di tepi jalan kawasan Roxy hingga akhirnya kini memiliki banyak cabang. Berbeda dari sop kaki kambing pada umumnya, sop kaki kambing Dudung ini menggunakan susu full cream sebagai bahan dasar kuahnya sehingga memberikan citarasa yang gurih dan nikmat. Tak lupa silakan memesan sate kambing yang akan melengkapi sajian sop kaki kambing.

Jangan lewatkan juga: 41 Tempat Wisata Kuliner di Jakarta yang Wajib Anda Coba

26. Kolam Renang Semanan Cengkareng

Lokasi: Cengkareng, Jakarta Barat

Kolam Renang Semanan Cengkareng via Datawisata

Kolam Renang Semanan Cengkareng via Datawisata

Kolam Renang Semanan merupakan tempat wisata di Jakarta Barat yang bisa menjadi pilihan untuk berlibur bersama keluarga. Kolam renang ini selalu ramai pengunjung terutama saat akhir pekan dan hari libur.

Kolam Renang Semanan selalu terjaga kebersihannya karena dikelola dengan baik. Berbagai fasilitas tersedia lengkap untuk para pengunjung mulai dari kolam renang hingga toilet bersih dengan jumlah yang memadai.

Selain itu di sekitar kolam renang juga terdapat pepohonan yang rindang sehingga membuat wisatawan tidak kepanasan saat sedang berenang. Dengan dilengkapi berbagai wahana permainan air yang seru dan menarik tentu akan membuat pengunjung terutama anak-anak merasa betah.

27. Gedung Candra Naya

Jl. Gajah Mada No.3, Kota Tua, Glodok, Tamansari, Kota Jakarta Barat

Gedung Candra Naya via Panduanwisata

Gedung Candra Naya via Panduanwisata.id

Tempat wisata di Jakarta Barat yang satu ini menyajikan keunikan dan menjadi cagar budaya di Jakarta. Gedung ini memiliki arsitektur bangunan yang kuno khas Tionghoa dan menjadi peninggalan Mayor Khouw Kim An.

Bangunan ini memiliki bentuk atap yang melengkung khas Tionghoa dengan kedua ujungnya yang terbelah dua. Sejak meninggalnya Mayor Khouw bangunan gedung ini menjadi milik ahli warisnya namun di tahun 1960 bangunan ini disewakan pada perkumpulan sosial Sin Ming Hui yang tak lain adalah gerakan pendidikan dari China.

Namun pada tahun 1965 penggunaan nama dengan tiga suku kata tidak diperbolehkna di tanah air hingga akhirnya nama Sin Ming Hui berganti menjadi Perkumpulan Sosial Candra Naya.

Gedung tersebut akhirnya menjadi kantor sekaligus tempat pelayanan kesehatan dan pendidikan. Hingga akhirnya gedung tersebut dikenal sebagai Gedung Candra Naya. Meskipun kepemilikan tanah gedung ini adalah milik swasta namun bangunan Gedung Candra Naya ditetapkan sebagai cagar budaya yang harus terus dilestarikan.

Tentunya gedung ini memiliki banyak sejarah di masa lampau yang berkaitan dengan kehidupan orang China di Indonesia dan berkaitan pula dengan perjuangan kemerdekaan Indonesia di masa lampau. Meskipun gedung ini sempat mengalami pemugaran namun saat ini keindahan dan nilai sejarah Gedung Candra Naya tetap bisa dinikmati oleh warga Jakarta.

28. Splash Swimming Pool

Lokasi: Perumahan Taman Semanan Indah, Jalan Dharma Pratama Blok NF No. 1, Cengkareng

Splash Swimming Pool via @daniel_dhotabi

Splash Swimming Pool via @daniel_dhotabi

Kunjungi juga ya: Waterpark Kolam Renang di Jakarta Terbaik

29. Pasar Bunga Rawabelong

Lokasi: Jl. Sulaiman, Sukabumi Utara, Kebon Jeruk, Jakarta Barat

Pasar Bunga Rawabelong via @jakarta_tourism

Pasar Bunga Rawabelong via @jakarta_tourism

Tempat Wisata Belanja di Jakarta Barat

Buat anda yang mencari tempat belanja, berikut ini referensi yang bisa anda jadikan panduan:

 

  • Mall Daan Mogot : Daan Mogot KM.16, Jl. Tanah Lot, Kalideres, Kecamatan Kalideres, Kota Jakarta Barat
  • Mall Taman Palem : Jl. Kamal Raya, Cengkareng, Jakarta Barat
  • Plaza Cengkareng : Jalan Lingkar Luar Barat, RT.1/RW.2, Cengkareng Tim., Cengkareng, Cengkareng Timur, Jakarta Barat 11730
  • Mall Putri Indah : Jalan Puri Agung, Puri Indah, Kembangan Selatan, Kota Jakarta Bara
  • Lippo Mall Putri : Jalan Puri Indah Raya Blok U 1, Puri Indah CBD, Kembangan, Kota Jakarta Barat
  • Mall Taman Anggrek : Jalan Letjen. S. Parman Kav. 21, Kota Jakarta Barat
  • Central Park Jakarta : Jalan Letjen. S. Parman Kav.28, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Bara
  • Mall Ciputra Jakarta : Jl. Arteri S. Parman, Grogol, Kota Jakarta Barat

 

****

Itulah daftar tempat wisata di Jakarta Barat yang bisa anda jadikan referensi liburan akhir pekan nanti. Bagi anda yang ingin berlibur di kawasan Jakarta Barat kini tak perlu khawatir sebab ada banyak pilihan destinasi wisata yang pasti bisa anda pilih sesuai keinginan dan budget. Dengan demikian liburan di Jakarta Barat akan semakin seru dan menyenangkan.

Jangan lewatkan juga: Tempat Wisata di Jakarta Pusat yang Wajib Dikunjungi

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *