45 Tempat Wisata di Karangayang Paling Hits 2019 yang Wajib Dikunjungi!

Tempat Wisata di Karanganyar – Karanganyar merupakan salah satu wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, yaitu sekitar 14 km dari Kota Surakarta. Kabupaten ini memiliki luas sekitar 800 km persegi yang terbagi atas 17 wilayah kecamatan dan 177 wilayah kelurahan.

Menurut informasi yang kami dapatkan dari situs Wikipedia, Nama Kab. Karanganyar berasal dari pedukuhan yang terletak di daerah ini. Pada waktu itu, Raden Mas Said yang tengah menjabat sebagai Mangkunagara I berhasil membuat perjanjian baru setelah memakan wahyu keraton yang berwujud burung derkuku.

Dalam perjanjian baru tersebut Beliau berhasil mendapatkan kemantapan untuk menjadi penguasa daerah Karang. Nah, karena dalam bahasa jawa baru adalah “Anyar”, maka sejak saat itu, kota ini dinamai Karanganyar.

Secara geografis, Kab. Karanganyar terletak di daerah dataran rendah, yaitu di areal lembah Sungai Bengawan Solo. Walaupun begitu sebagian areal kabupaten ini juga terletak di daerah dataran tinggi, yaitu di Pegunungan Lawu.

Karena letak geografisnya tersebut, Kab. Karanganyar memiliki berbagai jenis tempat wisata. Satu – satunya tempat wisata yang tidak dimiliki oleh kabupaten ini adalah wisata pantai, mengingat lokasinya ada di tengah daratan dan tidak berbatasan langsung dengan laut.

Tempat Wisata di Karanganyar yang Menarik untuk Dikunjungi

Sedang merencanakan aktivitas wisata di Karanganyar? Berikut beberapa tempat wisata di Karanganyar yang bisa Anda masukkan ke dalam rencana daftar tujuan wisata Anda di sana:

1. Grojogan Sewu

Lokasi: Jl. Raya Tawangmangu, Beji, Kec. Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar

Air Terjun Grojogan Sewu Karanganyar via Inet

Air Terjun Grojogan Sewu Karanganyar via Inet

Tempat wisata di Karanganyar yang pertama adalah Grojogan Sewu. Grojogan Sewu terletak di kaki Gunung lawu, tepatnya di Daerah Kalisoro, Tawangmangu.

Tempat ini diberi nama Grojogan Sewu (berasal dari Bahasa Jawa yang artinya “air terjun seribu”) karena aliran airnya yang sangat banyak.

Secara keseluruhan air terjun Grojogan Sewu memiliki panorama yang luar biasa indah. Selain itu kondisi alam di sekitar lokasi air terjun ini juga tergolong masih sangat bersih dan asri.

Di waktu – waktu tertentu daerah sekitar lokasi air terjun ini acap kali diserbu oleh kawanan kera yang notabene memang tinggal di areal hutan sekitar air terjun.

Untuk bisa sampai ke lokasi Air Terjun Grojogan Sewu butuh usaha yang cukup ekstra. Ya, untuk bisa sampai ke areal bawah air terjun Anda harus menaiki sekitar 1.200 – an anak tangga.

Terdengar melelahkan memang, namun dalam prakteknya nanti Anda dijamin tidak akan merasa lelah sama sekali mengingat panorama dan kondisi alam sekitar air terjun ini yang sangat bersahabat.

Oh ia, menurut informasi yang beredar Air Terjun Grojogan Sewu ini masih agak angker lho!

Untuk itu, jika ingin berkunjung ke sini, Anda kami sarankan untuk selalu menjaga sikap dan sopan santun.

2. Air Terjun Jumog

Lokasi: Desa Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar

Air Terjun Jumog via Kompas

Air Terjun Jumog via Kompas

Tidak jauh dari Air Terjun Grojogan Sewu, ada satu lagi objek wisata berbentuk air terjun yang tidak kalah menarik untuk disambangi. Nama objek wisatanya adalah Air Terjun Jumog.

Meskipun letaknya berdekatan, Air Terjun Jumog tidak terlalu terkenal seperti halnya Air Terjun Grojogan Sewu.

Padahal air terjun ini memiliki panorama yang tidak kalah bagus dari Air Terjun Grojogan Sewu. Selain itu jumlah anak tangga yang perlu dilalui untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini pun juga tidak sebanyak jumlah anak tangga yang perlu dilalui untuk bisa sampai di Air Terjun Grojogan Sewu.

Memang untuk ketinggian dan debit air, Air Terjun Jumog tidak setinggi dan sebesar Air Terjun Grojogan Sewu. But, secara keseluruhan air terjun ini tetap terlihat bagus dan indah kok! Dan kabar baiknya, di musim liburan, air terjun ini cenderung jauh lebih nyaman untuk disambangi mengingat jumlah pengunjungnya yang tidak seramai Air Terjun Grojogan Sewu.

Lokasi Air terjun Jumog ada di Desa Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

3. Air Terjun Pringgodani

Lokasi: Blumbang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar

Wisata Tawangmangu Air Terjun Pringgodani

Wisata Tawangmangu Air Terjun Pringgodani

Tempat piknik di Karanganyar yang selanjutnya adalah Air Terjun Pringgodani.

Air Terjun Pringgodani berlokasi di Kaki Gunung Lawu, yaitu di Daerah Kelurahan Blumbang. Dari Terminal Bus Tawangmangu, air terjun ini hanya berjarak kurang lebih sekitar 4 km.

Dibandingkan dengan dua air terjun yang sebelumnya, Air terjun Pringgodani memiliki debit air yang jauh lebih besar. Selain itu, tingkat ketinggiannya pun juga jauh lebih tinggi, yaitu mencapai 100 meter.

Sayangnya sampai artikel ini ditulis akses menuju ke lokasi air terjun ini masih sangat sulit.

Karena aksesnya yang sangat sulit tersebut, mayoritas wisatawan yang datang ke air terjun ini biasanya tidak sampai ke titik bawah air terjun secara langsung. Kebanyakan dari mereka biasanya hanya sampai ke kawasan Sendang Pengantin saja untuk menikmati indahnya panorama air terjun ini dari atas ketinggian.

Jika Anda merupakan tipikal wisatawan yang hobi berpetualang, perjalanan menuju air terjun ini pasti akan terasa sangat menarik untuk Anda.

4. Telaga Madirda

Telaga Madirda via amzngargoyoso.blogspotcom

Telaga Madirda via amzngargoyoso.blogspot.com

Telaga Madirda terletak di Daerah Ngargoyoso, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah.

Telaga ini merupakan salah satu tempat wisata tersembunyi di Karangnyar yang sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat dan lelah.

Di sini Anda dapat bersantai di pinggiran telaga untuk menikmati sejuknya udara khas daerah dataran tinggi sekaligus “cuci mata” dengan melihat – lihat kawasan sekitar yang sarat akan panorama indah.

Menurut informasi dari masyarakat sekitar, Telaga Madirda merupakan telaga keramat yang sering dijadikan sebagai lokasi untuk menjalankan ritual keagaan oleh penganut Agama Hindu.

Kabarnya di telaga ini ada sebuah batu yang dulunya merupakan lokasi tepat Retno Anjani bertapa sekaligus melahirkan tokoh pewayangan Hanoman.

Jika Anda merupakan tipikal wisatawan yang hobi mempelajari keragaman budaya, Anda kami sarankan untuk berkunjung ke telaga ini di waktu – waktu penting keagamaan Hindu. Dengan begitu, selain dapat menikmati keindahan alam telaga, Anda juga bisa menikmati sajian wisata budaya sekaligus.

5. Agrowisata Amanah

Alamat: Jl. Raya Solo – Tawangmangu KM. 34, 3, RT. 01/03, Karang, Karangpandan, Karanganyar

Agrowisata Amanah via Jitunews

Agrowisata Amanah via Jitunews

Agrowisata Amanah merupakan salah satu tempat wisata keluarga di Karanganyar yang sangat populer. Agrowisata ini menawarkan berbagai macam sajian wisata yang sangat menarik, baik untuk anak – anak atau pun untuk orang dewasa.

Khusus untuk anak – anak agrowisata ini telah dilengkapi dengan berbagai macam wahana outbond khusus untuk anak – anak.

Khusus untuk remaja dan orang dewasa, agrowisata ini telah menyediakan kawasan outbond yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kekompakan dan kerja sama kelompok.

Selain itu, untuk Anda yang ingin belajar, di agrowisata ini Anda juga bisa mendapatkan banyak ilmu baru yang terkait dengan dunia pertanian, peternakan, dan perkebunan lho!

Sangat keren bukan?

6. Astana Giribangun

Lokasi: Jl. Astana Giribangun, Dengkeng, Girilayu, Matesih, Kabupaten Karanganyar

Astana Giribangun via Travelingyuk

Astana Giribangun via Travelingyuk

Tempat wisata di Karanganyar yang berikutnya adalah Astana Giribangun. Astana Giribangun merupakan kompleks pemakaman milik keluarga besar Presiden ke – 2 Republik Indonesia, yaitu Bapak Soeharto.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, sebagai Presiden ke – 2 Republik Indonesia, sekaligus presiden dengan masa jabatan terpanjang di Indonesia, Bapak Soeharto memiliki kesan tersendiri bagi masyarakat Republik Indonesia.

Nah, jika Anda termasuk salah satu yang terkesan dengan kinerja Beliau, Anda dapat berkunjung ke kompleks pemakamannya untuk sekedar berziarah dan bernapak tilas.

Nantinya selain dapat melihat makam Pak Soeharto, di kompleks makam ini Anda dapat melihat makam keluarga beliau, seperti Ibu Tien Suharto dan beberapa keluarga dekatnya yang lain.

7. Perkebunan Teh Kemuning

Lokasi: Ngargoyoso, Kemuning, Kab. Karanganyar

Perkebunan Teh Kemuning via Pigilagi

Perkebunan Teh Kemuning via Pigilagi

Perkebunan Teh Kemuning merupakan Kawasan “Puncak” – nya Kab. Karanganyar. Ya, jika Kab. Bogor memiliki kawasan Puncak yang menawarkan panorama alam eksotis berupa kawasan perkebunan teh, Kab. Karanganyar memiliki kawasan Perkebunan Teh Kemuning yang menawarkan panorama alam sejenis.

Perkebunan Teh Kemuning terletak di Daerah Ngargoyoso, Kemuning, Kab. Karanganyar.

Di areal perkebunan teh ini ada sebuah tempat asyik yang tengah hits di kalangan anak muda sekitar, yaitu Rumah Teh Ndoro Donker. Bangunan rumah ini didirikan dengan menggunakan gaya arsitektur khas Negeri Kincir Angin Belanda. Biasanya pengunjung memanfaatkan rumah tersebut sebagai latar belakang untuk berfoto.

8. Agrowisata Sondokoro

Lokasi: Jl. Mangkunegara Bojonegara, Nglande Wetan, Ngijo, Kec. Tasikmadu, Karanganyar

Agrowisata Sondokoro via IG @cuphe_syifha

Agrowisata Sondokoro via IG @cuphe_syifha

Agrowisata Sondokoro merupakan salah satu tempat wisata keluarga di Karanganyar yang sangat populer. Tempat ini menawarkan berbagai macam wahana permainan yang sangat menarik, seperti area outbond, flyingfoz, waterboom, dll.

Salah satu wahana permainan terpopuler di tempat ini adalah wahana kereta tua yang dapat dikendarai untuk berkeliling areal sekitar.

Selain itu ada juga areal taman hewan mini yang memiliki banyak hewan langka.

Jika Anda ingin berkunjung ke agrowisata ini lokasinya ada di sekitar pabrik Gula Tasikmadu, Kab. Karangnyar, Jawa Tengah.

9. Taman Ria Balekambang

Lokasi: Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar

Taman Ria Balekambang via Rentalmainansolo

Taman Ria Balekambang via Rentalmainansolo

Taman Ria Balekambang terletak tidak jauh dari Air Terjun Grojogan Sewu. Taman ini menawarkan beragam fasilitas wisata yang sangat menarik, seperti sanggar lukis, lapangan tenis, kolam renang, Tembok Besar China, Bukit Hollywood, Menara Eiffel dan Gerbang Arch de Triomphe Perancis, Candi Borobudur, Piramid dan Sphinx Mesir, serta patung Merlion Singapura.

Di sekitar taman ini ada banyak villa dan hotel yang bisa disewa. Jika ingin berwisata di daerah sini, Anda kami sarankan untuk menginap di sana barang satu atau dua malam. Apalagi lokasinya ada di kawasan wisata Tawangmangu, jadi kita mesti menyiapkan waktu lebih, supaya liburan lebih menyenangkan lagi.

Apalagi masih banyak wahana permainan lain disini, seperti taman bermain, arena outbound dan flying fox, ATV, dll yang akan membuat liburanmu semakin asik.

10. Candi Cetho

Lokasi: Desa Gumeng, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar 

Candi Cetho via Kompas

Candi Cetho via Kompas

Candi Cetho merupakan candi kuno peninggalan kerajaan Majapahit. Lokasi candi ini ada di Kec. Jenawi, tepatnya di Desa Gumeng, Dusun Ceto, Kab. Karanganyar.

Secara keseluruhan, candi ini memiliki kurang lebih sebelas teras yang keseluruhannya terletak di atas tanah berundak.

Di kompleks candi ini ada kawasan petilasan salah seorang leluhur di Dusun Cetho, yaitu Ki Ageng Krincing Wesi.

Jika mau, Anda bisa berkunjung ke areal petilasan tersebut untuk berziarah atau sekedar melihat – lihat areal sekitar.

Candi ini sendiri terletak di ketinggian kurang lebih 1.496 meter DPL, sehingga saat anda berkunjung kesini akan terasa udara yang sejuk khas pegunungan.

Jadi buat anda yang tidak tahan dingin, pastikan anda membawa gandengan ya, kalau masih sendiri ya jangan lupa bawa jaket tebal plus kacamata untuk menutupi kenyataan pahit yang tergambar di matamu. 😀

Candi ini sangat indah lho, dengan, apalagi nilai artistik candi dipadukan dengan keindahan panorama alamnya, sungguh mempeson.a

Oh ya sob, ketika memasuki areal candi, kamu diharuskan mengenakkan kain kampuh bercorak hitam putih yang diikatkankan di pinggang.

11. Candi Sukuh

Lokasi: Desa Gumeng, Kec. Jenawi, Karanganyar

Candi Sukuh

Candi Sukuh

Masih di Desa Gumeng, Kec. Jenawi, ada satu lagi bangunan candi kuno yang tidak kalah menarik untuk disambangi. Nama bangunan candi kuno tersebut adalah Candi Sukuh.

Candi Sukuh merupakan candi yang sangat unik. Bentuk candi kuno ini tidak terlihat seperti kebanyakan bangunan candi kuno Indonesia pada umumnya dan terlihat mirip seperti bangunan milik Suku Maya yang ada di Meksiko serta Suku Inca yang ada di Peru.

Di sekitar bangunan candi ini ada beberapa buah patung erotis yang diyakini merupakan lambang kesuburan. Karena unik, candi ini sangat pas untuk dijadikan sebagai latar belakang untuk berfoto.

12. Pemandian Sapta Tirta Pablengan

Lokasi: Desa Pablengan, Kec. Matesih, Kab. Karanganyar

Pemandian Sapta Tirta Pablengan via IG @Indonesia_kaya

Pemandian Sapta Tirta Pablengan via IG @Indonesia_kaya

Pemandian Sapta Tirta Pablengan terletak di Desa Pablengan, Kec. Matesih, Kab. Karanganyar. Seperti nama yang dimilikinya, pemandian ini memiliki tujuh buah mata air yang tiap – tiapnya diyakini dapat memberikan khasiat.

Kabarnya, sumber mata air keempat di pemandian ini, yaitu sumber air urus – usus dapat membantu menyembuhkan penyakit rematik, gatal – gatal, dan berbagai macam penyakit kulit.

Di lain sisi, sumber mata air ketujuh nya dapat membantu menyembuhkan penyakit yang berhubungan dengan organ dalam, seperti penyakit diabetes, penyakit ginjal, TBC, Liver, dll.

Uniknya, walaupun dapat memberikan banyak khasiat, tiket masuk ke pemandian ini benar – benar sangat murah, yaitu hanya 3 ribu rupiah saja per orang.

13. Alun – Alun Karanganyar

Alamat: Jl. Lawu, Badran Asri, Cangakan, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar

Alun – Alun Karanganyar via Tribunnews

Alun – Alun Karanganyar via Tribunnews

Alun – Alun Karanganyar terletak tepat di pusat Kota Karangnyar. Tempat ini merupakan salah satu tempat nongkrong favorit di Karanganyar yang sarat akan berbagai macam fasilitas.

Di sini Anda bisa duduk – duduk santai sembari menikmati berbagai macam olahan kuliner.

Kalau bosan Anda dapat berkeliling areal alun – alun dengan menggunakan sepeda hias sewaan yang ada di sana.

Atau Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang Taman Air Mancur yang terletak di areal Taman Gajah.

14. Bukit Paralayang

Lokasi: desa Segoro Gunung, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar

Bukit Paralayang via Kayangaanyarkabgoid

Bukit Paralayang via Kayangaanyarkab.go.id

Bukit Paralayang terletak di Desa Segoro Gunung, yaitu tidak jauh dari Kebun Teh kemuning. Bukit ini merupakan salah satu spot terbaik yang bisa dikunjungi untuk menikmati panorama sunset alias matahari terbenam di sore hari.

Jika ingin datang ke sini, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah di musim kemarau, yaitu saat langit sedang cerah.

15. Waduk Lalung

Lokasi: Lalung, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Karanganyar

Waduk Lalung via IG @perdanabagusk

Waduk Lalung via IG @perdanabagusk

Tempat wisata di Karanganyar yang selanjutnya adalah Waduk lalung. Sama seperti Bukit Paralayang, Waduk Lalung juga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk menikmati keindahan sunset saat senja.

Selain itu, waduk yang berfungsi sebagai tempat penampungan air sekaligus pengendali irigasi di Karanganyar ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai spot untuk aktivitas memancing.

Lokasi waduk ini ada di Desa Lalung, Karanganyar.

Sampai artikel ini ditulis, waduk ini masih tergolong sebagai salah satu tempat wisata baru di Karanganyar, sehingga jangan heran jika fasilitas wisatanya masih belum begitu lengkap.

16. Kampung Halloween Bukit Sekipan

Lokasi: Desa Kalisoro, Kec. Tawangmangu, Karanganyar

Kampung Halloween Bukit Sekipan via Siscasolo.blogspotcoid

Kampung Halloween Bukit Sekipan via Siscasolo.blogspot.co.id

Kampung HalloweenBkitSekipan terletak di Desa Kalisoro, Kec. Tawangmangu, tepatnya di areal Bukit Sekipan. Kampung ini menawarkan daya tarik utama berupa kawasan kampung bertema halloweenyang dihiasi dengan pernak – pernik berbau horor.

Selain itu, kampung wisata ini juga turut dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung, seperti areal pemancingan, areal playground, kolam renang, arena outbond, restoran, dll.

Jika Anda merupakan pecinta film horor, tempat ini benar – benar sangat rekomended untuk Anda!

17. Puncak Gunung Lawu

Lokasi: Perbatasan daerah Magetan dan Karanganyar 

Puncak Gunung Lawu via IG @luthfanaji

Puncak Gunung Lawu via IG @luthfanaji

Bagi Anda yang hobi mendaki gunung, saat berkunjung ke Karanganyar jangan lupa untuk menjejakkan kaki di Puncak Gunung Lawu ya!

Jalur awal pendakian gunung ini ada di perbatasan daerah Magetan dan Karanganyar yang juga merupakan perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Titik awal pendakian gunung ini bernama Cemoro Sewu. Sedangkan titik akhir pendakiannya bernama Cemoro kandang.

Biasanya mayoritas pendaki gunung ini selalu memulai aktivitas pendakian di gunung ini saat malam hari. Tujuannya adalah untuk mendapatkan panorama sunrise di pagi hari.

18. Wisata Romantis ke Bukit Hope

Lokasi: Jalan Dusun Tawang, Wonorejo, Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar

Wisata Romantis ke Bukit Hope via Kompas

Wisata Romantis ke Bukit Hope via Kompas

Kalau anda sedang mencari tempat wisata romantis di Karanganyar, maka wisata bukit hope ini adalah salah satu pilihan terbaiknya.

Bukit hope atau bukit harapan ini menawarkan pemandangan indah yang bisa kamu nikmati berdua bersama pasangan tercinta.

Lokasi bukit hope ini ada di lawu selatan. Dimana terletak di puncak sebuah bukit yang masuk dalam kawasan desa Wonorejo.

Disini anda bisa menikmati pemandangan sembari mengabadikan foto berdua di beberapa spot foto yang sengaja dibuat dengan latar belakang hamparan Pergunugan Lawu Selatan yang membentang di sisi selatan Gunung Lawu.

Ada sebuah spot “I Love You” yang mesti anda jadikan tempat berfoto, dimana spot ini berbentuk kapal. Tak hanya indah dan instagramable.

Dengan pemandangan indah plus udara yang sejuk akan membuat liburan anda dan pasangan terasa sangat romantis. So, jangan lewatkan ya sob.

19. Tubing Goasari Ngargoyoso

Lokasi: Desa Punthukrejo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar

Tubing Goasari Ngargoyoso

Tubing Goasari Ngargoyoso

Kamu suka liburan susur sungai? Nah, di Karanganyar ada lo wahana yang sedang hits yang bisa kamu jadikan alternatif untuk liburan, yaitu tubing Goasari.

Seperti tubing biasanya, kamu akan diajak untuk menyusuri sungai menggunakan ban dalam mobil, dan dilengkapi dengan helm plus jaket pelampung.

Lokasi wahana tubing di Karanganyar ini terdapat di Desa Punthukrejo. Wahana ini sedang hits lo, terutama untuk anak-anak muda bahkan orang dewasa juga banyak yang tertarik untuk mencoba sensasi menyusuri sungai dengan menggunakan ban dalam.

20. Mampir ke Rumah Atsiri Indonesia

Lokasi: Desa Plumbon, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar

Mampir ke Rumah Atsiri Indonesia via Jejakbocahilang

Mampir ke Rumah Atsiri Indonesia via Jejakbocahilang.wordpress.com

Minyak atsiri atau minyak esensial memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Nah, kalau kamu penasaran dengan tanaman apa saja yang bisa disuling menjadi minyak atsiri kamu bisa datang ke rumah atsiri Indonesia.

Di rumah atsiri Indonesia ini terdapat beragam jenis tanaman yang merupakan bahan baku dari minyak atsiri. Rumah Atsiri ini dulu merupakan pabrik kerja sama Indonesia-Bulgaria ini mengolah minyak atsiri dari bahan utama serai wangi atau citnorella.

Dari pusat kota, hanya berjarak sekitar 41 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 15 menit.

21. Bukit Mongkrang

Lokasi: Desa Gondosuli, Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar

Bukit Mongkrang via IG

Bukit Mongkrang via IG

Tempat wisata di Karanganyar selanjutnya adalah bukit mengkrang yang lokasinya ada di sisi selatan Gunung Lawu. Bukit ini bisa anda jadikan tempat treking saat akhir pekan atau liburan nanti.

Untuk bisa mencapai puncaknya, kamu bisa mendaki yang dimulai dari Telogo Dlingo, dekat Cemara Kandang. Di puncaknya anda akan menyaksikan panorama indah dari arah utara yang begitu mengagumkan.

Sajian keindahan Gunung Lawu yang menjulang setinggi 3.265 meter di atas permukaan laut (mdpl). Terlihat pula asap belerang yang mengepul dari Kawah Lawu, Candradimuka. saat menoleh ke sisi barat, kamu akan disuguhkan pemandangan yang tidak kalah indah. Jika cuaca cerah, kamu bisa melihat keindahan gunung-gunung lain yang berbaris rapi di kaki langit sebelah barat.

22. Rumah Hobbit Lembah Semilir

Lokasi: Dusun Milir RT 001/ RW 014, Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar

Rumah Hobbit Lembah Semilir via Ngetripyuk

Rumah Hobbit Lembah Semilir via Ngetripyuk

Rumah hobbit belakangan banyak bermunculan, apalagi setelah film lord of the ring mendunia, dan Karanganyar juga punya cerita sendiri.

Jika anda sedang berada di desa Kemuning, coba mampir ke rumah hobbit yang ada di lembah semilir. Selain berfoto ria di rumah hobbit kamu juga akan disuguhkan pemandangan indah alam di sekitar Lembah Sumilir. Ditambah lagi pepohonan rindang dan asri membuat kawasan ini semakin indah

23. Air Terjun Parang Ijo

Lokasi: Mlinggur, Girimulyo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar

Air Terjun Parang Ijo via vatatanpringadicom

Air Terjun Parang Ijo via vatatanpringadi.com

satu lagi tempat wisata alam di Karanganyar yang tidak boleh kamu lewatkan, yaitu air terjun parang ijo yang ada di Girimulyo. Air terjun ini mudah dijangkau kok, tidak seperti air terjun kebanyakan yang letaknya tersembunyi.

Air terjun parang ijo ini cocok untuk kamu jadikan tempat rekreasi keluarga di Karanganyar saat akhir pekan atau musim liburan nanti.

Selain basah-basahan di kolamnya, kamu juga bisa mencoba wahana permainan flying fox atau menikmati keindahan alam dari atas gardu pandang.

24. Grojogan Jurang Jero

Lokasi: Gerdu, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar

Grojogan Jurang Jero via Risalahpejalan

Grojogan Jurang Jero via Risalahpejalan

Grojogan atau air terjun jurang jero juga bisa kamu jadikan tempat piknik di Karanganyar selanjutnya lo. Air terjun ini lokasinya agak tersembunyi, sehingga butuh usaha ekstra untuk bisa sampai kesini.

Jadi buat kamu yang doyan bertualang, air terjun ini bisa kamu jadikan pilihan. Petualangan seru menyusuri jalan setepak akan menambah eksotis air terjun yang jauh dari hingar bingar kota ini.

25. Air Terjun Sewawar

Lokasi: Dukuh Sekarang, Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Air Terjun Sewawar via Sideka

Air Terjun Sewawar via Sideka

Masih berupa air terjun yang kece, kamu juga bisa menyambangi air terjun sewawar untuk mengisi waktu liburanmu. Air terjun yang juga berada jauh dari kota ini memiliki daya tarik berupa pesona air terjun yang masih perawan dan alam yang asri.

26. Air Terjun Sedinding

Lokasi: Dukuh Sekarang, Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Air Terjun Sedinding via Ngargoyoso

Air Terjun Sedinding via Ngargoyoso

Nah, air terjun sedinding ini lokasinya berdekatan dengan air terjun sewawar, jadi kurang lengkap kalau kita tidak sekalian singgah disini.

27. Kedung Pengaron

Lokasi: Banaran, Desa Selomoro, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Kedung Pengaron via Krjogja

Kedung Pengaron via Krjogja.com

Selanjutnya, kamu bisa menyambangi kedung pengaron. Dinamai Kedung pengaron sendiri karena dua cekungan di hulu sungai ini terlihat seperti “karon” atau tempat menanak nasi. Aliran airnya cukup deras dan hangat di pagi hari sehingga sangat cocok buat acara basah-basahan atau sekedar merelaksasi tubuh.

28. Kedung Sriti

Lokasi: Pancot, Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar

Kedung Sriti via Pusatinformasi

Kedung Sriti via Pusatinformasi.xyz

Selanjutnya, masih berupa air terjun yang masih alami di Karanganyar, yaitu kedung sriti, dimana untuk menuju ke air terjun ini kamu harus melalui perjalanan yang cukup menantang, dengan cara menuruni jurang.

Perjuangan menuruni jurang ini akan terbayar manakala kita sampai di surga tersembunyi ini. Kamu akan disuguhkan pemandangan indah berupa air terjun setinggi 10-15 meter nan eksotis di depan mata.

29. Bukit Sekipan

Lokasi: Desa Kalisoro, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar

Bukit Sekipan via Kmstour

Bukit Sekipan via Kmstour

Bukit ini termasuk tempat rekreasi di Karanganyar yang lengkap. Bisa dibilang tempat wisata terpadu. Karena di bukit Sekipan ini banyak wahana wisata yang bisa kita jajal, mulai dari waterboom dengan wahana permainan seru, taman, rumah halloween, arena outbound dengan jembatan goyang, flying fox, dan trampolin.

Ada juga miniatur Ka’bah, area lempar jumrah, area untuk sa’i, dll yang akan membuat liburanmu di Bukit Sekipan semakin asik.

Jadi, liburan ke bukit sekipan ini pasti akan sangat menyenangkan lho.

30. Watu Kandang

Lokasi: Karangbangun, Kecamamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar

Watu Kandang

Watu Kandang via Situs budaya Indonesia

Kalau kamu mencari tempat bersejarah di Karanganyar, maka watu kandang adalah salah satunya. Watu kandang ini diperkirakan sudah ada sejak zaman megalitik tua.

31. Tenggir Park

Lokasi: Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar

Tenggir Park via Tribunnews

Tenggir Park via Tribunnews

Mengisi liburan dengan mengunjungi taman terpadu tentu akan sangat menyenangkan, apalagi kalau waterparknya di desain dengan konsep kekinian.

Tenggir park ini adalah taman bermain yang menawarkan wisata alam yang sedang hits. Lokasinya ada di kaki Gunung Lawu sehingga akan terasa sejuk dan asri.

Anda bisa mengeksplore tempat ini dan mencoba sepeda layang, rumah Honai khas Papua, ranjang layang, air terjun bidadari, gardu pandang dan rumah pohon, kolam renang, permadani terbang, hingga taman bunga yang instagenic.

32. Waduk Gondang

Lokasi: Sidomulyo, Gempolan, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar

Waduk Gondang via Solopos

Waduk Gondang via Solopos

Meskipun berupa waduk, namun waduk gondang ini menarik juga untuk kita kunjungi untuk mengisi waktu liburan. Terutama buat kamu yang doyan berfoto-foto, disini ada jembatan batik yang unik yang bisa kamu jadikan spot berfoto.

33. Rumah Pohon Anyep

Lokasi: Wonorejo, Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar

Rumah Pohon Anyep via Jatengprovgoid

Rumah Pohon Anyep via Jatengprov.go.id

34. Puri Taman Saraswati

Lokasi: Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Puri Taman Saraswati via Pediatrip

Puri Taman Saraswati via Pediatrip

35. Candi Kethek

Lokasi: lereng lawu, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Candi Kethek via IG @aquatravel_cz

Candi Kethek via IG @aquatravel_cz

36. Jembatan Selfie

Lokasi: Area Sawah/Kebun, Anggrasmanis, Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Jembatan Selfie via Kabarebralink

Jembatan Selfie via Kabarebralink

37. Taman Pancasila

Lokasi: Jl. Lawu, Dompon, Karanganyar, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar

Taman Pancasila via Visitklaten

Taman Pancasila via Visitklaten

38. Taman Hutan Raya (Tahura) Karanganyar

Lokasi: Dusun Sukuh, Berjo, Girimulyo, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar

Taman Hutan Raya (Tahura) Karanganyar via IG @windi_widiwati15

Taman Hutan Raya (Tahura) Karanganyar via IG @windi_widiwati15

39. Museum Manusia Purba Klaster Dayu

Lokasi: Dayu, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar

Museum Manusia Purba Klaster Dayu

Museum Manusia Purba Klaster Dayu

40. Waterboom Tirta Guwo Indah

Lokasi: Kadipeso, Sumberejo, Kerjo, Kabupaten Karanganyar

Waterboom Tirta Guwo Indah via Infocilangkap

Waterboom Tirta Guwo Indah via Infocilangkap

41. Taman Air Mancur Laser

Alamat: Badran Asri, Cangakan, Kec. Karanganyar, Kabupaten Karanganyar

Taman Air Mancur Laser

Taman Air Mancur Laser

42.  Jalan Tembus Tawangmangu

Alamat: Tawangmangu, Karanganyar

Jalan Tembus Tawangmangu via IG @trip_ID

Jalan Tembus Tawangmangu via IG @trip_ID

43. Goa Tlorong

Alamat: Kebun, Lempong, Jenawi, Kabupaten Karanganyar

Goa Tlorong via Jalanwisata

Goa Tlorong via Jalanwisata

44. Goa Cokro

Lokasi: Desa Jenawi, Kecamatan Jenawi, kabupaten Karanganyar

Goa Cokro via Kompas

Goa Cokro via Kompas

Alamat: Desa Jenawi, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar

45. Taman Bintang

Alamat: Kemuning, Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar

Taman Bintang via explorekabkaranganyar

Taman Bintang via explorekabkaranganyar

****

Bagaimana, sangat banyak sekali bukan tempat wisata di Karanganyar yang kece badai. Jadi, tunggu apalagi, segera siapkan ransel anda untuk mengeksplore satu per satu objek wisata di atas.

Semoga bisa menjadi referensi liburan anda bersama orang tercinta. Jangan lewatkan juga: 23 Tempat Wisata di Sukoharjo Jawa Tengah Terbaru

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *