web log free 37+ Wahana Seru & Harga Tiket Masuk Jatim Park 1 Terbaru 2019! – Travelling News

37+ Wahana Seru & Harga Tiket Masuk Jatim Park 1 Terbaru 2019!

Harga Tiket Masuk Jatim Park 1 – Provinsi Jawa Timur memang sudah sejak lama diketahui menyimpan potensi wisata yang sangat besar. Setiap kotanya memiliki tempat wisata khas yang menjadi ikon daerah tersebut, misalnya seperti pantai Kenjeran yang berada di Surabaya.

Selain itu, ada pula Gunung Bromo yang masuk dalam empat Kabupaten sekaligus. Ada juga Kawah Ijen di Banyuwangi dengan spot andalan api abadinya. Banyak wisata alami yang ada di Jawa Timur dan juga terkenal hingga sekarang.

Tidak berhenti disitu saja, lantaran kemajuan zaman, sekarang juga banyak terdapat wisata modern. Contohnya adalah KBS di Surabaya, Museum Angkut di Malang, serta Jatim Park 1 yang juga ada di kota yang sama.

Semua objek wisata tersebut meskipun dibuat manusia, namun memiliki keindahan tersendiri kala kamu mengunjunginya. Nah, jika kamu ingin melancong ke Jatim Park 1, ada hal yang harus kamu ketahui sebelumnya. Wah, kira-kira apa saja ya? Yuk, simak informasinya berikut ini. Check this out!

Jatim Park 1

Jatim Park 1

Lokasi dan Rute Menuju Jatim Park 1

Jatim Park 1 terletak di Jalan Kartika No.2, tepatnya di Desa Sisir, Kota Batu, Jatim. Lokasi wisata ini sangat mudah dijangkau karena letaknya yang berada di area ramai dan banyak dilewati kendaraan. Selain itu, menuju Jatim Park 1 bukanlah hal yang sulit karena dimana-mana ada papan penunjuk jalan yang siap menuntunmu kesana.

Nah, jika kamu dari luar kota, kamu bisa menggunakan transportasi umum, misalnya saja kereta api. Dari stasiun kereta di kotamu, kamu bisa menuju stasiun yang ada di Malang. Baru kemudian untuk menuju ke terminal Landungsari, kamu bisa naik angkutan umum yang memiliki plat AL.

Sampai di Landungsari, silahkan ganti angkutanmu dengan BTL lalu minta turun di depan gerbang Jatim Park 1 langsung ya.

Lain halnya jika kamu naik kendaraan pribadi. Ada cara mudah untuk menuju ke kawasan wisata ini. kamu cukup harus menemukan tugu selamat datang di kota Batu dan lihat papan petunjuk menuju Jatim Park 1. Ikuti saja alurnya dengan bantuan papan petunjuk tersebut.

Maka dijamin, perjalananmu akan lebih mudah sampai di tujuan. Atau jika kamu tidak mau repot mengikuti arahan jalan, kamu bisa memilih rute via GPS. Mudah, bukan?

Sejarah Singkat dan Daya Tarik Jatim Park 1

Jatim Park 1 mulai di bangun pertama kali oleh Paul Sastro Sandjodjo pada bulan Oktober tahun 2000 silam di atas tanah seluas 22 hektar. Selang satu tahun sesudahnya, tepatnya 9 Desember 2001, objek wisata ini dibuka untuk umum. Namun, peresmiannya sendiri baru digelar pada 13 Maret 2002.

Jatim Park 1 merupakan tempat wisata yang memadukan unsur rekreasi, teknologi serta ilmu pengetahuan dengan harapan pengunjung bisa bermain sekaligus belajar disana. Tempat rekreasi ini juga memiliki motto “Taman Belajar dan Rekreasi”, jadi tidak heran jika 60% isinya bersifat edukatif.

Mungkin itulah sebabnya mengapa tempat ini mendapat penghargaan sebagai Tempat Tujuan Wisata Terfavorit ketiga dari Kemenpar dan Kementrian Ekonomi Kreatif yang bekerjasama dengan majalah Swa pada tahun 2011 lalu.

Hingga kini pun, Jatim Park 1 masih terus berbenah dan memperbaiki kualitas hiburannya agar tidak kalah dan tergeser oleh tempat wisata baru yang semakin banyak.

Sampai sekarang, terhitung ada 51 wahana yang bisa kamu nikmati secara gratis ketika sudah memakai gelang pemberian dari petugas di kawasan wisata Jatim Park.

Berbagai macam wahana seru yang bisa dinikmati disana antara lain wahana Science Stadium dan Museum Bagong yang cocok sekali untuk para pelajar.

Dua tempat tersebut dilengkapi dengan alat peraga dan replika tubuh manusia sebagai objek penelitian. Terdapat juga wahana playground, ethnic gallery, agro park, flying fox, gokart, water boom dan masih banyak lagi.

Aktivitas Seru di Jatim Park 1

Lantaran banyaknya wahana disana, maka sudah pasti banyak pula aktivitas yang bisa dilakukan. Nah, berikut inilah beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan ketika berada di objek wisata Jatim Park 1, entah itu sendiri atau kamu lakukan bersama keluarga.

1. Belajar Anatomi Tubuh Manusia di Museum Bagong

Museum Bagong

Museum Bagong

Museum Bagong merupakan salah satu wahana yang menawarkan belajar mengenai anatomi tubuh manusia, bagaimana cara kerja dan bentuknya.

Anak-anak sekolahlah yang biasanya memadati tempat ini karena memang pengetahuan tentang anatomi sebagai bagian dari mata pelajaran di sekolahnya. Museum Bagong juga menawarkan fasilitas periksa golongan darah atau mata secara gratis lho.

Semuanya juga akan dilakukan dengan bantuan petugas medis yang berpengalaman. Bahkan, nantinya jika terdapat masalah pada mata anda yang serius, petugas medis pasti akan menyarankan untuk pemeriksaan lebih lanjut.

2. Mengenal Keberagaman Burung di Taman Burung

Wahana Taman Burung sangat cocok dikunjungi bersama dengan anak-anak. Nantinya selain bertamasya, kamu bisa mengenalkan kepada anak tentang kekayaan satwa Indonesia.

Taman Burung ini juga memiliki koleksi kurang lebih 400 ekor burung dengan berbagai jenis, bentuk dan asal. Kamu juga bisa memberikan wawasan kepada anak-anak tentang pentingnya melestarikan satwa, terlebih jika mereka adalah hewan langka.

3. Belajar Tentang Bangunan Peninggalan Zaman Dahulu

Kamu bisa mempelajari beberapa barang dan bangunan peninggalan kerajaan Hindu-Budha dahulu kala di Taman Sejarah atau Taman Arca Dewata. Taman ini memiliki koleksi berbagai bentuk arca dan candi yang di buat versi mini. Jadi, ketika kamu berada di sini, kamu bisa belajar bagaimana perjalanan bangsa kita jauh sebelum merdeka.

4. Taman Fisika Mengajarkan Kita Hal-hal Yang Sulit Menjadi Mudah

Jika kamu merasa belajar Fisika adalah kegiatan yang membosankan dan cukup sulit, maka sesekali kamu harus datang ke Taman Fisika. Taman ini dilengkapi dengan alat peraga fisika sehingga belajar fisika akan terasa lebih menarik dan menyenangkan.

5. Belajar Sejarah Perkembangan Uang di Museum Uang

Dari namanya saja, sudah bisa ditebak jika tempat ini merupakan sebuah museum yang berisi berbagai macam rupa uang dari zaman dahulu sampai sekarang.

Jadi saat kamu berkunjung ke museum ini, kamu akan melihat rupa uang dari zaman sebelum kamu dilahirkan hingga sekarang. Uang-uang di museum ini ditata dengan rapi dan dipajang di etalase kaca yang tembus pandang sehingga akan memudahkan pengunjung menyaksikannya.

6. Menyenangkan Hati Anak-anak Dengan Wahana Dog Race

Selain kamu senang, anakmu pasti juga ikut senang saat berkunjung ke Wahana Dog Race. Wahana Dog Race adalah wahana khusus anak-anak yang berbentuk kereta mini lucu.

Bentuknya yang mirip Anjing pasti membuat anak-anak betah jika naik wahana ini. Untuk masalah keamanan, ada sabuk pengaman yang akan dipasangkan pada setiap pengunjung. Jadi tidak perlu khawatir, ya!

7. Bermain Air di Wahana Water Boom

Wahana Water Boom

Wahana Water Boom

Water boom merupakan salah satu wahana yang paling diminati oleh pengunjung. Ada kolam renang yang luas dengan kedalaman yang berbeda-beda disana. Pada kolam renang, juga terdapat fasilitas perosotan yang dapat digunakan untuk meluncur bebas dari ketinggian. Lengkap, ya!

Kunjungi juga: 19 Kolam Renang di Surabaya Jawa Timur

8. Main Pasir di Sand Garden

Wahana Sand Garden adalah wahana lain yang juga digemari anak-anak selain water boom. Berada di wahana Taman Pasir ini, kamu akan merasakan seperti sedang berada di pantai lho. Disana, kamu bisa membuat istana pasir atau rumah-rumahan dengan si kecil layaknya di pantai dengan pasir yang putih dan bersih.

9. Uji Nyali di Keraton Hantu

Bagi kamu yang ngaku berani, berarti harus mencoba menguji nyalimu di wahana Keraton Hantu. Hal pertama yang akan kamu rasakan ketika masuk ke tempat ini adalah rasa mencekam.

Disana, ada berbagai properti, suara-suara seram, dan juga hantu yang menambah kesan mistis dan angker wahananya. Jadi bagaimana? Sudah siap uji nyali memasuki wahana ini?

10. Pendulum 360

Pendulum 360o 

Pendulum 360

Berputar 360°, diombang-ambingkan kesan kemari berulang-ulang seperti di terjang angin Tornado, dibarengi dengan tingginya tempat kita berpijak membuat wahana ini sangat pantas diberi nama Flying Tornado.

Meski terbilang menakutkan, tapi jangan salah… wahana ini sangat laris menjadi incaran pengunjung yang doyan wahana ekstrem lho. Tidak perlu khawatir soal keamanan karena sudah pasti sangat safety.

Kamu akan diberi pengunci kursi, pegangan dan juga sabuk pengaman. Tapi jika kamu merasa tidak mampu mengatasi ketakutanmu, lebih baik tidak naik wahana ini daripada pingsan atau muntah di atas ya.

11. Uji Adrenalin Part 2 “Sky Ride”

Sky Ride via Jtpid

Sky Ride via Jtp.id

Jika naik Flying Tornado masih terasa kurang, lanjutkan ke wahana selanjutnya yang diberi nama Sky Ride. Meskipun tidak seekstrem Flying Tornado, tapi wahana ini cukup bisa membuatmu menjerit-jerit lho.

Kamu akan merasakan bagaimana meluncur di ketinggian dan diputar-putar berulang kali disana. Jika tidak ingin berjuang sendiri di ketinggian, ajak kekasih atau temanmu agar bisa saling berpegangan dan merasakan keseruan bersama.

12. Nonton Film di Bioskop 3D

Selain wahana ekstrem, di Jatim Park 1 juga terdapat sebuah bioskop dengan kapasitas 120 orang dan menjadi bioskop 3D terbesar di Jawa Timur. Ukuran layarnya saja sekitar 8×6 meter dengan efek sound yang menggelegar. Bisa dibayangkan bagaimana serunya jika menonton film di bioskop disana ya!

13. Menikmati Pertunjukan Live Music

Ternyata, tidak cuma di cafe-cafe saja yang menampilkan pertunjukkan live music. Wahana Jatim Park 1 pun juga menyajikan suguhan yang membuat kita bisa menikmati pertunjukkan live music layaknya di café ternama.

Digelar di area Amphiteater, dipertunjukkan ini kamu bisa bebas merequest lagu apa yang ingin didengarkan. Menyenangkan bukan, setelah lelah berkeliling kamu bisa menikmati alunan musik yang menenangkan?

14. Bermain Games Sepuasnya di Games Room

Buat kamu penggila games, maka wajib banget datang ke wahana Games Room Jatim Park 1. Ada berbagai macam jenis permainan games komputer yang bisa kamu mainkan disana. Mulai dari tembak-tembakan, balapan, sampai petarungan lengkap, semua ada lho guys. Pokoknya kamu tinggal pilih dan mainkan sepuasnya.

——-

Selain daya tarik diatas, letak tempat wisata ini yang berada di ketinggian 850 mdpl juga membuatnya memiliki udara sejuk khas pegunungan dan sangat disukai wisatawan.

Pepohonan hijau yang tertanam berjejer juga membuat hawa disana terasa rindang. Maka dari itu, jangan heran jika Jatim Park 1 sangat recommended sekali untuk dijadikan tempat wisata bersama keluarga ataupun sahabat tercinta.

Tentunya semua wahana disana didukung dengan berbagai macam fasilitas yang juga tersedia di Jatim Park 1. Semua fasilitas ini juga sejatinya dibangun demi kenyamanan para wisatawan agar betah disana.

Di Jatim Park 1, kamu akan menemukan fasilitas mumpuni seperti area parkir seluas kurang lebih 1 hektar, tempat ibadah yang nyaman, dan toilet yang bersih.

Bagi ibu-ibu yang ingin menyusui sang buah hati, silahkan menuju nursery room yang sudah disediakan disana. Jangan khawatir dengan kebersihannya, semua rapi dan terjaga. Ada pula klinik untuk yang kurang enak badan.

Superman Coaster

Superman Coaster

Wahana Jatim Park 1 Malang

Berikut ini daftar wahana jatim Park 1 selengkapnya:

Papua and East JavaEthnic Gallery Mini Jet
Flying Tornado Mini Train
Mini Swinger Lazer Bumper Car
Aero Test Bouncy Castle
Tourism Market Amphiteather
Sky Chopter Fish Park
Worm Coaster Water Boom
Flying Fox Pipe House
Convoy Car Funtastic Swimming Pool
Playground 3D Ghost Haunter
Baby Zoo Dragon Coaster
Prehistorical Scene Bumper Boat
Flumride and Mythologies Star Chase
Agro Park Children Mini Cross Area
Learning Gallery Gokart
Outdoor Science Center Sand Garden
Midi Skater Air Borne Shot
Post Office Diorama Volcano Coaster
Numismatic Gallery Flower Gallery
History Park Galaxy Bumper Car
Ethnic Gallery Spinning Coaster
Bioskop 3D Battery Car
Sky Swinger Trampoline
Wall Climbing Samba Ballon
Remote Car Sand Garden
Games Room Gokart
Columbus Kolam Renang

Dan masih banyak lagi wahana yang bisa anda coba di Jatim Park 1.

Foodcourt di Jatim Park 1

Bagi yang lelah berkeliling dan merasa lapar, kamu bisa menikmati menyantap makanan disana di area foodcourt yang ada. Jangan khawatir dengan menunya. Disana terdapat berbagai macam pilihan menu, mulai dari makanan tradisional, makanan modern, hingga snack dan masih banyak lagi lainnya.

Selain tempat makan, disana juga ada pasar wisata dan toko oleh-oleh untuk mereka yang hobi berbelanja. Bagi yang hobi berfoto, kamu bisa langsung mengunjungi studio foto yang sudah disediakan lengkap disana.

Jam Operasional

Jatim Park 1 buka mulai pukul 08.30 sampai 16.00 WIB setiap harinya. Jadi, kamu bisa bebas memilih mau berkunjung hari apa, weekdays ataupun weekend. Sesuaikan saja dengan jadwal pekerjaanmu dan waktu yang kamu anggap longgar.

Harga Tiket Masuk Jatim Park 1

Jika kamu ingin tahu berapa sih kisaran harga tiket masuk Jatim Park 1 yang harus kamu bayar, maka kamu bisa menyimaknya dibawah ini. Penasaran?

1. Tiket Masuk Reguler

Tiket ini didapat kala kamu berkunjung di hari Senin-Jum’at dengan harga sekitar Rp 70.000/orang. Untuk weekend, tanggal merah, dan high season, harga yang dibanderol naik menjadi Rp 100.000 per orang.

2. Tiket Masuk Terusan

Tiket terusan ini bisa digunakan untuk mengunjungi Jatim Park 1 dan Eco Green Park. Jika kamu datang di hari Senin-Jum’at, maka kamu bisa membayar tiket seharga Rp 100.000 per orang. Jika kamu berkunjung kala Weekend dan holiday, maka kamu bisa membayar tiket dengan harga sekitar Rp 130.000 per orang.

Harga tiket diatas belum termasuk naik wahana seperti go kart, flying fox dan persewaan alat renang. Untuk wahana go kart, ada tarif tersendiri sebesar Rp 17.000 untuk sekali putaran dan Rp 30.000 untuk dua kali putaran. Sedangkan untuk flying fox dan sewa peralatan renang, masing-masing dikenai tarif sebesar Rp 10.000 dan Rp 20.000.

Tips Liburan ke Jatim Park 1

Sesudah mengetahui segala informasi yang penting terkait wisata, maka tidak ada salahnya kamu berbagi beberapa tips untuk memperlancar perjalanan liburanmu. Tips-tips tersebut adalah :

  1. Siapkan kondisi tubuh yang fit karena jika kamu datang dari luar kota yang lumayan jauh, tentunya waktu yang dibutuhkan untuk menempuh perjalanan juga lama
  2. Kenakan pakaian yang hangat karena biasanya suhu udara kota Batu akan menjadi lebih dingin ketika menjelang sore hari
  3. Datanglah lebih awal jika kamu ingin leluasa menikmati berbagai wahana yang ada disana
  4. Jika kamu berniat bermain di wahana air, jangan lupa membawa baju renang dan baju ganti agar tidak kedinginan
  5. Bawa juga obat-obatan pribadimu
  6. Jangan membawa senjata tajam, binatang peliharaan, ataupun minuman keras karena itu merupakan hal yang dilarang oleh pihak pengelola
  7. Jangan memakai perhiasan yang berlebihan

*****

Demikianlah informasi mengenai info wisata dan harga tiket masuk Jatim Park 1. Semoga bisa membantu kelancaran tamasyamu dan selamat bersenang-senang!

Artikel terkait: Liburan Asyik ke Taman Safari Prigen Pasuruan Jatim

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *