28 Tempat Wisata di Ciamis dan sekitar yang Wajib dikunjungi saat Liburan

Tempat Wisata di Ciamis – Mendengar nama Ciamis mungkin yang langsung muncul dalam pikiran anda adalah sebuah daerah yang berada di Jawa Barat. Memang benar bahwa Ciamis merupakan sebuah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat.

Tepatnya letak Ciamis berada pada posisi paling Timur Jawa Barat yang juga berbatasan dengan Kabupaten Cilacap Jawa Tengah pada bagian sisi Timurnya. Selain itu Ciamis juga dikenal sebagai daerah yang banyak mengalami pemekaran. Bahkan akibat terjadinya pemekaran tersebut berdampak pada luas dan batas wilayah Ciamis.

Meskipun begitu kawasan Ciamis memiliki beragam obyek wisata terbaik dan pastinya sangat seru. Pastinya tempat wisata di Ciamis tersebut sangat  pas sebagai destinasi saat traveling terutama saat liburan tiba.

Lokasi Ciamis memang sangat strategis karena berada pada jalur antara Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Untuk itulah berbagai tempat wisata di Ciamis biasanya selalu ramai dikunjungi wisatawan baik yang berasal dari wilayah Jawa Barat maupun Jawa Tengah.

Bagi anda yang berencana ingin melakukan perjalanan traveling di kawasan Ciamis sebaiknya tak perlu bingung. Sebab ada banyak tempat wisata menarik dan terbaik yang bisa anda kunjungi saat menginjakkan kaki di Ciamis.

Kunjungi juga yuk: 27 Tempat Wisata di Pangandaran

Tempat Wisata di Ciamis dan Sekitarnya

Berikut ini daftar tempat wisata di Ciamis dan sekitarnya yang bisa anda kunjungi:

1. Mega Wisata Icakan

Lokasi: Kampung Cikacang, Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis

Mega Wisata Icakan via IG @eksploreciamis

Mega Wisata Icakan via IG @eksploreciamis

Tempat wisata di Ciamis yang bisa anda kunjungi pertama adalah Mega Wisata Icakan. Dimana obyek wisata yang satu ini merupakan salah satu yang terbaik di Ciamis dan selalu menjadi pilihan para wisatawan dari berbagai penjuru.

Letak Mega Wisata Icakan berada di Sukamulya, Baregbeg, Ciamis atau tepatnya berada di kaki Gunung Syawal. Obyek wisata ini juga mempunyai danau buatan dan lokasinya di kawasan perbukitan yang membuat suasana di Mega Wisata Icakan semakin sejuk dan nyaman.

Dengan luas sekitar 70 hektar maka kawasan wisata ini memiliki beragam waan dan fasilitas wisata yang lengkap bagi para pengunjung. Salah satu hal yang membuat obyek wisata Mega Wisata Icakan ini menjadi incaran wisatawan yaitu karena harga tiketnya yang cukup terjangkau.

Tentunya berwisata ke Mega Wisata Icakan kurang lengkap bila anda tidak mencoba berbagai wahana permainan yang tersedia mulai dari flying fox, waterboom, sepeda air, bus wisata, kereta wisata, ATV, naik kuda, naik gajah dan lain sebagainya.

Untuk fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap mulai dari danau buatan, gazebo, sirkuit, penginapan, kolam terapi ikan dan lain sebagainya.

2. Kampung Adat Kuta

Lokasi: Desa Karangpaninggal, Tambaksari, Ciamis

Kampung Adat Kuta via tigatitik-wordpress-com

Kampung Adat Kuta via tigatitik-wordpress.com

Obyek wisata selanjutnya yang bisa anda kunjungi di Ciamis yaitu Kampung Adat Kuta. Obyek wisata ini adalah sebuah dusun adat yang lokasinya berada di Desa Karangpaninggal, Tambaksari, Ciamis.

Kampung Adat Kuta menjadi destinasi wisata budaya yang memiliki kebiasaan serta adat yang masih tetap dipertahankan sejak dahulu hingga saat ini. Bahkan kebiasaan dan adat istiadat warga kampung tersebut juga menjadi sebuah magnet tersendiri bagi wisatawan untuk datang dan melihat lebih dekat.

Bagi anda yang penasaran dan ingin mengunjungi Kampung Adat Kuta maka sebaiknya persiapkan diri anda untuk menempuh perjalanan yang cukup sulit karena letak kampung ini berada di sekitar lembah yang curam dan tebing-tebing perbukitan.

Untuk nama Kuta sendiri diambil dari bahasa Sunda yang berarti Pagar Tembok. Hal ini berkaitan dengan cerita yang berkembang bahwa berdirinya kampung adat ini berkaitan dengan berdirinya kerajaan Galuh. Selain itu dahulu kampung adat ini juga sempat akan dijadikan ibu kota Kerajaan Galuh namun tidak jadi.

Masyarakat Kampung Adat Kuta memang masih memegang teguh kebiasaan adat dari leluhurnya. Untuk itulah tak eran jika kondisi hutan, mata air hingga pepohonan di sekitar kampung mereka masih terjaga dengan baik.

3. Curug Tujuh Cibolang

Lokasi: kampung Nanggela, desa Sandingtaman, kecamatan Panjalu, kabupaten Ciamis

Curug Tujuh Cibolang via IG

Curug Tujuh Cibolang via IG

Bagi anda yang ingin melepas penat sambil menikmati suasana alam yang tenang dan damai maka silakan berkunjung ke Curug Tujuh Bolang. Curug yang satu ini berada di Panjalu dengan ketinggian lokasi 800-900 mdpl.

Karena terletak di kawasan dataran tinggi maka suasana di sekitar Curug Tujuh Cibolang memang sangat khas pegunungan dan sangat sejuk. Curug Tujuh Cibolang memiliki daya tarik berupa air terjun 7 tingkat yang berada di alam yang masih sangat asri.

Perpaduan keindahan air terjun dan alam sekitar tersebut merupakan sebuah lukisan alam yang memesona dan sangat menakjubkan. Tak perlu khawatir saat berkunjung ke Curug ini karena berbagai fasilitas ditawarkan untuk wisatawan.

Fasilitas tersebut antara lain kamar mandi, mushola, area parkir hingga penginapan. Untuk menuju ke Curug Tujuh Cibolang maka anda bisa mencari rutenya melalui google maps saja karena sangat mudah ditemukan.

4. Situ Lengkong Panjalu

Lokasi: kecamatan Panjalu, kabupaten Ciamis, Jawa Barat

Situ Lengkong Panjalu via wisatamu-com

Situ Lengkong Panjalu via wisatamu.com

Ciamis memang memiliki keindahan alam yang tak perlu diragukan lagi termasuk salah satunya adalah Situ Lengkong Panjalu. Wisata danau ini berada di Kecamatan Panjalu dan berada pada ketinggian 70 mdpl.

Uniknya danau ini memiliki kedalam sekitar 4-6 meter serta terdapat sebuah pulau yang dinamakan Nusa Gede atau Nusa Larang. Situ Lengkong Panjalu masih memiliki kondisi alam yang alami dan asri sehingga membuat wisatawan semakin betah.

Udara yang sejuk serta bebas polusi tentu bisa menjadi pilihan bagi warga dari kota-kota besar yang ingin melepas penat. Selain bisa menjadi destinasi wisata alam, ternyata situ ini juga bisa menjadi destinasi wisata budaya karena di tempat ini terdapat makan kuno Prabu Hariang Kancana di Nusa Larang.

Tak hanya itu saja, di tempat ini juga terdapat Museum Bumi Alit yang menyimpan berbagai benda peninggalan dari raja-raja Panjalu.

5. Cagar Alam Pananjung

Lokasi: Penanjung, Pangandaran

Cagar Alam Pananjung via IG @azmielsani

Cagar Alam Pananjung via IG @azmielsani

Tempat wisata yang satu ini berada di sekitar pantai pangandaran dan memiliki banyak flora maupun fauna yang hidup di cagar alam ini. Untuk jenis flora yang ada di cagar alam ini diantaranya merong, kisegel, merong, pepohonan kondang dan lain sebagainya.

Untuk jenis fauna yang terdapat di cagar alami ini antara lain kalong, banteng, lutung, landak, rusa dan tando. Selain itu masih banyak beragam jenis burung maupun reptil di cagar alam ini yang bisa anda temukan saat mengunjungi Cagar Alam Pananjung.

Tak hanya bisa menikmati keindahan alam serta menyaksikan berbagai flora maupun fauna anda bisa mengunjungi berbagai obyek wisata menarik lainnya seperti gua lanang, gua panggung, batu kaide, serta cirengganis. Harga tiket masuk ke cagar alam ini juga sangat terjangkau sehingga anda tak perlu khawatir harus menguras kantong.

6. Cukang Taneuh atau Green Canyon

Lokasi: kawasan wisata Cukang Taneuh di desa Kertayasa, Kec. Cijulang, Kab. Pangandaran

Green Canyon via IG

Green Canyon via IG

Obyek wisata yang satu ini juga sering disebut sebagai Green Canyon Pangandaran. Dimana obyek wisata ini merupakan wisata alam yang berada di Desa Kertayasa, Kabupaten Pangandaran.

Saat tiba di Green Canyon ini, anda bisa menyaksikan beragam pemandangan indah, sungai dengan air yang jernih serta pepohonan hijau. Perpaduan keindahan alam tersebut menjadikan Cukang Taneuh seolah bagaikan obyek wisata Green Canyon yang terkenal di Amerika.

Saat berada di Green Canyon ini wisatawan akan diajak menyusuri Sungai Cijulang yang unik karena aliran airnya diapit dua bukit dan menembus gua. Saat berada di atas perahu anda bisa menikmati sensasi bermain air sambil berada di bawah gua yang gelap. Tentunya hal ini sangat memacu adrenalin namun banyak wisatawan yang justru merasa ketagihan.

Simak selengkapnya: Objek Wisata Green Canyon Pangandaran Jawa Barat

7. Pantai Pangandaran

Lokasi: Desa Pananjung, Kec Pangandaran

Pantai pangandaran

Pantai pangandaran

Tempat wisata di wilayah Ciamis juga berupa pantai yang sudah cukup terkenal di Indonesia bahkan hingga mancanegara. Salah satu pantai yang terkenal tersebut adalah pantai Pangandaran.

Perlu anda ketahui bahwa Pantai Pangandaran terbagi menjadi dua yaitu Pangandaran Barat dan Pangandaran Timur. Biasanya Pantai Pangandaran Barat sering dijadikan sebagai lokasi bermain air, berjemur dan berenang oleh wisatawan.

Sedangkan untuk Pantai Pangandaran Timur merupakan pusat kuliner dari berbagai olahan laut dan menjadi lokasi berbelanja ikan segar. Saat berada di Pantai Timur, anda bisa mencoba beberapa permainan air seperti banana boat dan jet ski.

Cek selengkapnya: Pantai Pangandaran – Wisata Pantai Terbaik di Jawa Barat

8. Ciung Wanara

Lokasi: Jalan Raya Banjar Ciamis, Cijeungjing, Karangkamulyan, Kec. Ciamis, Kabupaten Ciamis

Ciung Wanara via IG

Ciung Wanara via IG

Bila membahas tentang Ciamis maka tak bisa lepas dari sejarah Kerajaan Galuh yang menjadi asal mula munculnya Ciamis. Karena itulah di kabupaten ini banyak ditemukan situs peninggalan sejak zaman kerajaan Galuh termasuk salah satunya adalah Situs Karangmuyan atau sering disebut dengan Ciung Wanara.

Perlu anda ketahui bahwa Ciung Wanara adalah sebuah situs perubakala serta arkeologi yang berada di Desa Karangmulyan, Cijeungjing, Ciamis. Situs Ciung Wanara sendiri adalah situs bercorak Hindu-Budha yang juga merupakan peninggalan kerajaan Galuh.

9. Jembatan Sasak Cirahong

Lokasi: Desa Manonjaya, Perbatasan Kabupaten Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis

Jembatan Sasak Cirahong via IG @yugo_ss

Jembatan Sasak Cirahong via IG @yugo_ss

Ciamis seolah tiada hentinya menyajikan berbagai obyek wisata terbaik termasuk salah satunya adalah Jembatan Sasak Cirahong. Jembatan ini berada di perbatasan antara Kabupaten Tasikmalaya dengan Ciamis.

Jembatan Sasak Curahong merupakan jembatan susun yang menawarkan pemandangan yang sangat keren. Bagi anda yang penasaran dengan jembatan ini maka silakan datang ke Desa Manonjaya Tasikmalaya yang pasti juga berada dekat dengan Ciamis.

Pembangunan jembatan ini dilakukan pada tahun 1893 yaitu pada masa penjajahan Belanda. Keunikan dari jembatan ini terletak pada desainnya yang bersusun dua.

Pada bagian jembatan atas dipakai untuk jembatan kereta api dan untuk bagian bawahnya dipakai sebagai jembatan untuk kendaraan umum. Pastinya saat kereta api melintas di jembatan ini maka akan terlihat pemandangan yang sangat indah dan memanjakan mata.

10. Masjid Agung Ciamis

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman, Kec Ciamis, Kab Ciamis

Masjid Agung Ciamis foto Net Ist

Masjid Agung Ciamis foto Net/Ist

Tidak hanya menyajikan wisata alam dan wisata budaya saja, Ciamis juga memiliki wisata religi yang bisa anda kunjungi saat datang ke Ciamis. Lokasi wisata religi tersebut adalah Masjid Agung Ciamis.

Masjid yang satu ini mempuunyai desain arsitektur yang begitu menarik karena didominasi oleh kayu. Tak hanya dijadikan sebagai tempat beribadah saja, Masjid Agung Ciamis ini juga menjadi lokasi hunting foto-foto yang keren.

Biasanya banyak pengunjung masjid yang sengaja mencari pohon kurma sebagai salah satu keunggulan yang dimiliki oleh Masjid Agung Ciamis. Pohon kurma yang tumbuh di halaman masjid ini memang sangat jarang ditemukan di Indonesia.

Untuk itulah banyak wisatawan yang rela datang dari berbagai wilayah untuk menyaksikan secara langsung pohon kurma yang tumbuh di Ciamis. Untuk menuju ke Masjid Agung Ciamis anda bisa mencarinya di dekat alun-alun Ciamis karena lokasi masjid tak jauh dari alun-alun.

11. Pantai Karang Nini

Lokasi: Emplak, Kecamatan Kalipucang, Pangandaran, Jawa Barat

Pantai Karang Nini via IG

Pantai Karang Nini via IG

Pantai Karang Nini berlokasi di Kecamatan Kalipucang atau tepatnya berada sekitar 83 kilometer dari Kota Ciamis, berada diantara trayek Ciamis dan Pangandaran. Pastinya pantai yang satu ini menawarkan keunikan berupa adanya batu karang yang ada di pantai namun bentuk batu karang tersebut menyerupai seorang nenek.

Pastinya Pantai Karang Nini ini menawarkan keunggulan berupa pemandangan alam yang sangat indah dan memanjakan mata. Karena di dekat pantai ini terdapat hutan jati maka udara di sekitar pantai juga cukup sejuk.

Untuk anda yang ingin beristirahat di sekitaran pantai maka bisa menyewa Pondok Wisata sambil bersantai menikmati keindahan alam Pantai Karang Nini.

12. Pantai Batu Karas

Lokasi: Desa Batukaras, Kecamatan Cijulang, Pangandaran

Pantai Batu Karas via IG @glodivva

Pantai Batu Karas via IG @glodivva

Pantai Batu Karas merupakan sebuah pantai cantik di kawasan Cijulang dan disebut-sebut sebagai Balinya ex-Ciamis. Pantai ini memiliki pasir berwarna hitam sehingga berbeda dari kebanyakan pantai di Jawa Barat yang memiliki pasir berwarna putih.

Banyak wisatawan yang menghabiskan waktunya menikmati senja di Pantai Batu Karas sambil menunggu sunset. Tak perlu khawatir saat anda berwisata ke pantai ini karena sudah tersedia fasilitas wisata yang cukup lengkap mulai dari jet ski, banana boat, berkemah dan lain sebagainya.

13. Lembah Putri

Lokasi: Putrapinggang, Kec Kalipucang

Lembah Putri via Mypangandarancom

Lembah Putri via Mypangandaran.com

Masih berada di kawasan Ciamis, saat anda akan menuju Kota Pangandaran dari Ciamis maka anda akan melewati tempat wisata Lembah Putri.

Meskipun obyek wisata ini masih belum begitu terkenal di berbagai kalangan wisatawan namun obyek wisata ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Sebagai obyek wisata terbaru, Lembah Putri menawarkan pemandangan alam yang begitu indah dan terlihat begitu alami.

14. Puncak Bangku Rancah

Lokasi: Kampung Malingping, Desa Situmandala, Kec Rancah, Kab Ciamis

Wisata Puncak Bangku Rancah. (Foto Dok. Tonz)

Wisata Puncak Bangku Rancah. (Foto Dok. Tonz)

Ciamis memang memiliki banyak obyek wisata terbaik termasuk salah satunya adalah Puncak Mandala Rancah. Obyek wisata ini berada di Desa Situmandala dan menawarkan suasana yang begitu sejuk dan terasa menyatu dengan alam.

Sebab dari Puncak Mandala Rancah ini anda bisa menyaksikan pemandangan hamparan sawah hijau yang memanjakan mata. Suasana khas pegunungan menciptakan nuansa liburan yang tidak membosankan.

Jangan sampai lupa untuk mengabadikan pemandangan indah dari Puncak Mandala Rancah karena dijamin keren. Terlebih saat malam hari, pemandangan dari puncak ini akan semakin menawan dengan hiasan kerlap-kerlip lampu kota Ciamis.

15. Pantai Batu Hiu

Lokasi: Ciliang, Kec Parigi, Kab Ciamis

Pantai Batu Hiu via IG

Pantai Batu Hiu via IG

Pantai yang satu ini berada di Ciliang, Parigi, Karangbenda. Tak berbeda dari pantai lainnya di Ciamis, pantai Batu Hiu menawarkan pemandangan alam yang memesona dan keren.

Namun ada hal unik dari pantai ini yaitu cerita dari namanya yang diambil dari batu raksasa berbentuk seperti ikan hiu. Selain itu terdapat sebuah bukit kecil di sekitar pantai yang bisa anda jadikan sebagai spot melihat pemandangan cukup dengan menaiki bukit tersebut.

16. Astana Gede Kawali

Lokasi: Kawali, Kab Ciamis

Astana Gede Kawali via safenusantara-blogspot-com

Astana Gede Kawali via safenusantara-blogspot.com

Ciamis mempunyai cerita sejarah yang menarik dimana dahulu Ciamis adalah sebuah Kerajaan Galuh yang sudah berdiri sejak abad ke VII. Untuk itulah tak heran bila di Ciamis terdapat banyak peninggalan masa kejayaan kerajaan berupa 3 batu menhir, 11 makam serta 6 prasasti.

Berbagai peninggalan bersejara tersebut tersimpan dalam Astana Gede Kawali yang selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama para pelajar. Umumnya wisatawan merasa penasaran dengan benda-benda arkeologi tersebut.

17. Wisata Batu Ngampar

Lokasi: Madanglayang, Panumbangan

Wisata Batu Ngampar via tripadvisor-com

Wisata Batu Ngampar via tripadvisor.com

Obyek wisata yang satu ini memang memiliki nama yang unik. Namun sebetulnya nama Batu Ngampar diambil dari bahasa Sunda yaitu kata Ngamar yang berarti terhampar. Wisata Batu Ngampar menyajikan air terjun yang lokasinya dengan dengan kawasan kota.

Lokasi Batu Ngampar berada di kaki Gunung Syawal sehingga nuansa pegunungan begitu terasa pada obyek wisata ini. Udara sejuk dipadu dengan pemandangan yang indah tentu akan menjadi perpaduan yang menakjubkan.

Mekipun rute menuju obyek wisata ini sudah tergolong mudah namun sebaiknya gunakan motor dengan ban yang bergerigi supaya aman di medan jalan yang berupa tanah.

18. Rafting Sungai Citumang

Lokasi: Desa Bojong, Citumang

Rafting Sungai Citumang via IG @saktiwildan

Rafting Sungai Citumang via IG @saktiwildan

Obyek wisata di Ciamis ini memang sangat terkenal karena menawarkan arus air yang deras dan menantang. Bagi anda penyuka tantangan maka saat berkunjung ke Ciamis silahkan sempatkan mampir ke lokasi rafting Sungai Citumang dan buktikan sendiri keseruannya.

Untuk masalah peralatan yang digunakan sebaiknya tak perlu khawatir karena peralatan rafting yang anda butuhkan sudah disediakan oleh pihak pengelola rafting.

Saat bermain rafting, anda bisa menikmati pemandangan alam sekitar sungai yang begitu menawan. Pepohonan di sekitar sungai juga sangat rindang sehingga akan memberikan nuansa yang berbeda.

Disini anda akan diajak untuk mengarungi aliran ssungai Citumang yang membelah hutan jati dengan memiliki air yang bening hijau kebiruan.

Selain itu, tepian sungai yang berupa ornamen batu-batu padas dengan relung dalam dihiasi relief alami akan menambah keindahan alam yang semakin membuat kita merasa betah berlama-lama disini, sangat eksotis sekali.

Rekreasi Rafting di sungai Citumang ini bisa anda jangkau dari Ciamis dan Pangandaran, dimana letaknya sekitar 15 km dari Pangandaran ke arah barat, dan sekitar 4 km dari jalan raya Pangandaran – Cijulang. Jarak seluruhnya dari pusat kota Ciamis sekitar 95 km.

19. Alun-Alun Ciamis

Lokasi: Alun-alun Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kab Ciamis

Alun-alun Ciamis via diciamiscom

Alun-alun Ciamis via diciamis.com

Berwisata ke Ciamis memang kurang lengkap bila anda tidak mampir ke Alun-Alun Ciamis. Alun-alun tersebut memilii taman yang berisi berbagai komponen material keras maupun lunak yang saling mendukung sehingga menghasilkan taman yang indah.

Taman pada alun-alun tersebut terbagi menjadi taman alami dan taman buatan. Taman di Alun-Alun ini selalu ramai dikunjungi masyarakat maupun wisatawan yang sedang mencari hiburan. Tidak hanya siang atau sore hari saja, alun-alun ini juga ramai dikunjungi saat malam hari terutama para anak-anak muda.

20. Taman Surawisesa Kawali

Lokasi: Kawali, Kab Ciamis

Taman Surawisesa Kawali via lyceum

Taman Surawisesa Kawali via lyceum

Taman Surawaisesa Kawali merupakan obyek wisata yang memiliki areal ruang terbuka hijau. Biasanya taman ini selalu ramai dikunjungi wisatawan maupun masyarakat sekitar yang ingin berekreasi. Berbagai aktivitas menarik bisa anda saksikan di taman ini mulai dari anak-anak yang bermain, persewaan mainan anak hingga para pedagang berbagai sajian kuliner.

21. Situs Gunung Susuru

Lokasi: Kertabumi, Cijeungjing, Kab Ciamis

Situs Gunung Susuru via Harapanrakyakcom

Situs Gunung Susuru via Harapanrakyak.com

Obyek wisata Ciamis memiliki keberagaman termasuk salah satunya wisata sejarah salah satunya Situs Gunung Susuru. Obyek wisata Situs Gunung Susuru berada di Kertabumi Ciamis dan menjadi situs sejarah petilasan Kerajaan Galuh Kertabumi.

Dimana kerajaan tersebut didirikan oleh Putri Tanduran Ageung selaku putri Raja Galuh Salawe yang bernama Sanghyang Cipta. Lalu putri tersebut menikah dengan Rangga Permana yang tak lain adalah keponakan Prabu Geusan Ulun sebagai penguasa Kerajaan Sumedang Larang.

Wilayah kerajaan ini adalah hadiah pernikahan dari sang Ayah yang lokasinya di tepi Sungai Cimuntur. Sebutan Gunung Susuru ini disebabkan karena di bukit ini tumbuh banyak kembang susuru. Dimana kembang susuru tersebut adalah jenis kaktus yang hanya bisa tumbuh disana.

Konon kembang susuru tersebut adalah tumbuhan yang bisa digunakan untuk menghiasi taman keraton Galuh Kertabumi sebagai tanaman pagar keraton. Namun saat ini kembang susuru sudah punah dan oleh masyarakat setempat yang menggarap bukit tersebut diganti dengan tanaman jagung sekitar tahun 60-an.

Namun tanaman jagung ana bertaan 15 tahun saja kemudian gunung susuru gersang karena ditinggalkan masyarakat, Di Gunung Susuru terdapat punden berundak yang terdiri dari 17 tingkatan teras. Hal tersebut dibuktikan pihak peneliti yang telah menghitung tingkat berbabali batu di Gunung Susuru.

22. Taman Raflesia

Lokasi: Kec Ciamis, Kab Ciamis

Taman Raflesia via Ciamis-pariwisata.blogspotcom

Taman Raflesia via Ciamis-pariwisata.blogspot.com

Taman Raflesia merupakan sebuah taman yang ada di kawasan Ciamis yang saat ini sedang banya dibicarakan oleh masyarakat Ciamis. Di taman ini terdapat air mancur yang menjadi bangunan nostalgia monumental bagi Kabupaten Ciamis dan Pangandaran.

Bunga Bangkai atau bunga raflesia memang pernah ditemukan di Pangandaran saat wilayah ini masih menjadi bagian dari Ciamis.

Namun kini Pangandaran sudah memisahan diri namun Taman Raflesia masih menjadi salah satu ikon Ciamis. Taman yang satu ini menawaran pemandangan alam yang begitu indah dan memesona sehingga sangat coco sebagai lokasi liburan keluarga.

23. Sukahaji Waterboom

Lokasi: Jl. Raya Cihaurbeuti, Sukahaji, Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat 46262

Sukahaji Waterboom

Sukahaji Waterboom via IhateGreenJello

Tempat wisata di Ciamis ini merupakan obyek wisata yang ada di Cihaurbeti Ciamis. Obyek wisata ini menyajikan wisata air yang dilengkapi dengan berbagai wahana permainan air.

Terlebih obyek wisata tersebut menyajikan nuansa alam yang begitu eksotis berupa pemandangan Gunung Galunggung.

Selain itu saat anda berada di obyek wisata ini anda bisa mencoba bermain berbagai atraksi permainan air mulai taman bermain hingga petulangan yang seru. Wahana Sukaaji Waterboom memang sangat cocok untuk segala usia sehingga sangat cocok untuk wisata keluarga.

24. Rumah Makan Warung Jeruk

Lokasi: Karangmulyan, Kab Ciamis

Rumah Makan Warung Jeruk via Tripadvisor

Rumah Makan Warung Jeruk via Tripadvisor

Tidak hanya menawarkan berbagai tempat wisata terbaiknya, Ciamis juga menawarkan sajian kuliner yang dijamin enak dan pastinya menggugah selera. Salah satunya adalah Rumah Makan Warung Jeruk.

Dimana warung makan ini berada di Karangmulyan Ciamis. Meskipun warung makan ini sederhana namun jangan salah, jumlah pengunjung warung makan ini sangatlah banyak dan selalu terlihat mengantri setiap harinya.

Salah satu menu andalan warung makan ini adalah pepes ikan yang terbuat dari ikan gurame. Sajian pepes ikan tersebut terasa spesial karena bungkus pepes terlihat hitam karena dimasak dibakar dengan bara api sehingga bisa menimbulkan rasa yang lebih nikmat dan mantap.

Rumah makan yang sudah berdiri sejak tahun 19658 oleh H. kusmiati ini memang menyajikan pepes yang berbeda dari pepes pada umumnya sehingga dijamin akan membuat siapa saja merasa ketagihan.

25. Rumah Makan Ampera Ciamis

Lokasi: Ciamis

Rumah Makan Ampera Ciamis

Rumah Makan Ampera Ciamis via Tripadvisor

Rumah makan yang satu ini bisa menjadi destinasi wisata kuliner yang mantap di Ciamis. Rumah makan Ampera Ciamis menyajikan masakan khas Sunda serta Padang yang disajikan sepanjang jalur Ciamis-Pangandaran.

Bagi anda yang melakukan perjalanan dari Pangandaran makan silakan mampir ke rumah makan yang satu ini. Sedangkan bila anda dari arah Banjar menuju ke Banjar maka silakan mampir ke Rest Area Karangmulyan untuk menikmati sajian es kelapa muda yang segar dan cocok untuk melepas dahaga.

Saat ini kondisi rest area tersebut memang sangat rapi dan apik sehingga para pengunjung dijamin nyaman dan betah. Salah satu yang menjadi andalan adalah rumah makan Ampera.

26. Wisata Sungai Citumang

Lokasi: Desa Bojong, Kecamatan Parigi, Ciamis

Wisata Sungai Citumang via Javaindonesiaorg

Wisata Sungai Citumang via Javaindonesia.org

Bagi anda yang gemar berwisata alam maka jangan sampai lewatkan mampir ke Sungai Citumang. Obyek wisata yang satu ini menyajikan sungai dengan air yang jernih serta warananya hijau kebiruan yang mengalir di tengah hutan jati.

Terlihat ornamen bebatuan menghiasi pinggiran sungai sehingga menambah keindahan pemandangan di dekat sungai tersebut.

Selain bisa menikmati keindahan alam, pengunjung juga disuguhi suara kicauan ratusan burung yang akan menambah kesan alami saat berada di Sungai Citumang. Berbagai permainan air bisa dilakukan di sungai ini mulai dari outbound hingga menyusuri sungai.

27. Arung Jeram di Sungai Citanduy

Lokasi: Cijeungjing, Ciamis

Arung Jeram di Sungai Citanduy via Youtube

Arung Jeram di Sungai Citanduy via Youtube

****

Itulah informasi mengenai tempat wisata di Ciamis dan sekitarnya yang bisa kami rekomendasikan untuk anda. melalui informasi di atas bagi anda yang ingin berwisata ke Ciamis maka tak perlu khawatir karena ada banyak pilihan obyek wisata menarik yang bisa anda kunjungi bersama keluarga atau orang-orang terdekat anda. Pastinya berwisata ke Ciamis akan menjadi pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan.

Jangan lewatkan juga: 46 Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *