26 Tempat Wisata di Demak Paling Hits yang Wajib dikunjungi saat Liburan

Tempat wisata di Demak ternyata tidak hanya sekedar wisata sejarah saja lho.. Lebih dari itu wilayah kabupaten yang namanya pernah menjadi salah satu kerajaan besar ini juga turut menawarkan tempat wisata alam dan tempat wisata keluarga.

Seperti yang telah kita ketahui bersama, di kalangan masyarakat Indonesia, terutama yang berasal dari luar Jawa, Demak cenderung lebih banyak dikenal sebagai sebuah kerajaan ketimbang wilayah kabupaten.

Bukan tanpa alasan, hal tersebut terjadi karena di bangku sekolah masyarakat Indonesia memang diperkenalkan pada Demak sebagai salah satu Kerajaan Islam yang sempat mengalami kejayaan.

Nah, terlepas dari itu semua, pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit informasi mengenai beberapa tempat wisata di Demak, Jawa Tengah yang menarik untuk dikunjungi.

Langsung saja, berikut list lengkapnya telah kami siapkan secara khusus untuk Anda:

Tempat Wisata di Demak yang Wajib Anda Sambangi

Khusus untuk Anda yang tinggal di Kabupaten Demak dan sekitarnya ataupun Anda yang dalam waktu dekat ini berencana untuk berkunjung ke Kabupaten Demak, berikut merupakan beberapa objek wisata di Demak yang bisa Anda coba untuk sambangi di waktu luang:

1. Masjid Agung Demak

Alamat: Jl. Sultan Fatah No.41, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak

Masjid Agung Demak via Akarnews

Masjid Agung Demak via Akarnews

Tempat liburan di Demak yang pertama adalah Masjid Agung Demak. Masjid Agung Demak pada dasarnya bukanlah sebuah tempat wisata.

Hanya saja, karena memiliki sejarah yang panjang dan bentuk yang unik, masjid ini akhirnya sering dikunjungi oleh wisatawan untuk sekedar melihat – lihat, beristirahat, berfoto, dan tentunya juga beribadah.

Menurut catatan sejarah, Masjid Agung Demak merupakan salah satu peninggalan Wali Songo dan Sultan Fatah yang masih terawat sampai saat ini.

Diperkirakan masjid ini telah berusia beberapa abad. Uniknya, walaupun telah “sepuh”, namun gaya arsitektur masjid ini masih tetap dipertahankan sampai sekarang.

Gaya arsitektur yang digunakan pada masjid ini sendiri tergolong agak “anti mainstream”.

Alih – alih memiliki atap berbentuk kubah layaknya mayoritas masjid lainnya, masjid ini memiliki bentuk atab berbentuk piramid tiga tingkat khas masyarakat Jawa.

Kabarnya, penggunaan atap piramid tiga tingkat ini ada filosofinya lho, yaitu simbol dari Islam, Iman, dan Ihsan.

Selain atap, masjid ini juga memiliki beberapa bagian bangunan lain yang tidak kalah menarik. Di bagian tengah ruangannya misalnya. Di bagian ini ada 4 soko guru yang kabarnya dibuat oleh wali songo secara langsung. Selain itu ada juga 8 buah tiang penyangga serambi masjid yang merupakan pemberian dari Raja Majapahit, yaitu ayah dari Sultan Fatah.

Ciri khas lain yang juga tidak kalah menarik untuk dilihat ada pada gambar bulusnya. Menurut cerita yang beredar, gambar bulus ini merupakan tanda tahun berdirinya masjid ini, dimana kepala bulus diibaratkan sebagai angka 1, kaki bulus diibaratkan sebagai angka 4, badan bulus sebagai angka 0, dan ekor bulus sebagai angka 1, sehingga jika digabungkan akan menjadi tahun 1401 Saka, yaitu tahun berdirinya masjid ini.

Jika merujuk pada tahun berdirinya masjid ini, maka dapat dipastikan bahwa masjid ini merupakan masjid tertua di Indonesia.

Nah, bagaimana? Sangat menarik bukan?

Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke masjid ini, lokasinya ada di Desa Kauman, Kelurahan Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Masjid ini dibuka untuk umum selama 24 jam non stop dan dapat dikunjungi tanpa perlu membayar uang apa pun sama sekali.

2. Museum Masjid Agung Demak

Alamat: Jl. Sultan Fatah No.41, Bintoro, Kec. Demak, Kabupaten Demak

Museum Masjid Agung Demak via Javaloka

Museum Masjid Agung Demak via Javaloka

Selepas berkunjung ke Masjid Agung Demak, jangan lupa untuk singgah ke Museum Masjid Agung Demak yang berlokasi tepat di sebelah Masjid Agung Demak.

Museum ini merupakan salah satu museum religi Islam terlengkap yang ada di Indonesia.

Di sini Anda dapat melihat berbagai macam benda bersejarah yang berkaitan dengan proses penyebaran Agama Islam di era Wali Songo, seperti bedug pertama Masjid Agung Demak, pintu asli Masjid Agung Demak, gentong dari campa, miniatur masjid, serat – serat, kitab tulisan tangan para wali, dll.

Selain benda – benda era Wali Songo, ada juga kap lampu peninggalan Paku Buwono, dan Kitab Suci Al – Qur’an kuno lengkap 30 juz yang tersimpan rapi dengan kondisi yang masih bagus.

Untuk Anda yang ingin mengetahui seperti apa bentuk bangunan Masjid Agung Demak dari masa ke masa, di Museum Masjid Agung Demak Anda juga dapat melihat ilustrasi bangunan Masjid Agung Demak sejak pertama kali didirikan sampai sekarang.

Pada dasarnya, Museum Masjid Agung Demak tergolong tidak begitu luas. Hanya saja, karena penataannya yang rapi, museum ini berhasil menampung koleksi benda bersejarah yang cukup banyak.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke museum ini?

Jika ya, museum ini dapat Anda kunjungi setiap hari dari pada jam kerja secara cuma – cuma alias gratis.

3. Makam Sunan Kalijaga

Alamat: Kadilangu, Kec. Demak, Kabupaten Demak

Makam Sunan Kalijaga via Nasirullahsitam

Makam Sunan Kalijaga via Nasirullahsitam

Masih belum beranjak dari Lokasi Masjid Agung Demak, ada satu lagi tempat jalan – jalan di Demak yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Makam Sunan Kalijaga.

Makam Sunan Kalijaga terletak di lokasi yang sama persis dengan lokasi Masjid agung Demak.

Anda dapat berkunjung ke makam ini untuk melakukan ziarah ke makam Sunan Kalijaga, yaitu salah satu orang yang paling berjasa dalam proses penyebaran Agama Islam di Pulau Jawa.

Karena jasanya yang besar, Sunan Kalijaga sangat dihormati oleh masyarakat Jawa. Hal ini tampak dari banyaknya jumlah wisatawan yang berziarah ke makamnya.

Nah, jika Anda ingin turut berziarah ke makam Sunan Kalijaga ini, Anda dapat berkunjung kapan pun Anda mau dengan sarat tidak membawa benda pusaka apa pun.

Kalau Anda sudah terlanjur membawa benda pusaka, Anda harus menitipkannya ke Pos Satpam yang ada di Gerbang Masuk Masjid.

Untuk biaya masuknya sendiri, karena makam ini masih satu lokasi dengan Masjid Agung Demak, maka Anda dapat mengunjunginya tanpa perlu membayar biaya tiket masuk sama sekali.

4. Makam Raja Demak

Alamat: Kampung Kauman, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak

Makam Raja Demak via Srikayakoe.wordpresscom

Makam Raja Demak via Srikayakoe.wordpress.com

Tempat rekreasi di Demak yang selanjutnya adalah makam Raja Demak. Sama seperti halnya kerajaan – kerajaan yang lainnya (seperti Kesultanan Yogyakarta dan Surakarta), Kerajaan Demak juga turut memiliki wilayah khusus yang difungsikan sebagai lokasi makam untuk para raja dan anggota keluarganya.

Lokasi Makam Raja Demak ini ada di sebelah utara Masjid Agung Demak, yaitu di Desa Kauman, Demak.

Di lokasi kompleks makam ini ada beberapa makam orang penting di Kerajaan Demak yang dapat Anda ziarahi, yaitu makam Pangeran Trenggono, makam Raden Patah, makam Syekh Maulana Magribi, makam Arya Penangsang, dll.

Untuk bisa sampai ke lokasi Makam Raja Demak, setelah masuk ke kompleks Masjid Agung Demak, Anda dapat berjalan ke arah serambi untuk tempat berwudu. Di sana Anda akan menemui dua lorong, yang mana ke arah kanan menuju ke Museum Masjid Agung Demak dan ke arah kiri menuju ke Makam Raja Demak.

Berstatus sebagai kompleks makam raja yang dijaga ketat oleh para juru kunci, tempat ini selalu terawat dengan baik.

Nantinya, selain berziarah ke makam para raja, saat berkunjung ke sini Anda juga dapat duduk di Paseban yang ada di areal pendopo, berkunjung ke Makam Kasepuhan dan Kanoman, dll.

5. Pantai Morosari

Alamat: Bedono, Sayung, Bedono, Demak, Kabupaten Demak

Pantai Morosari

Pantai Morosari – Tempat wisata di Demak

Seperti yang telah kami sebutkan di atas, selain kaya akan objek wisata sejarah dan religi, Kabupaten Demak juga turut menawarkan banyak objek wisata alam, termasuk salah satunya adalah objek wisata Pantai morosari.

Pantai Morosari terletak di Kecamatan Sayung.

Pantai ini menawarkan daya tarik utama berupa kawasan hutan mangrove yang tertata rapi dan jembatan panjang yang menjorok ke arah laut.

Saat berkunjung ke pantai ini, ada dua aktivitas wisata unggulan yang bisa Anda lakukan, yaitu berkeliling areal hutan mangrove dan menikmati sunset di sore hari.

Selain dua aktivitas wisata unggulan di atas, Anda juga bisa berburu foto, berenang, bermain air, dan memancing.

Satu hal yang harus Anda ingat, saat berkunjung ke pantai ini jangan harap Anda bisa bermain pasir di pinggiran pantainya. Pasalnya, pantai ini sama sekali tidak memiliki pasir yang bisa dimanfaatkan untuk bermain pasir layaknya di kebanyakan pantai lainnya.

Untuk urusan fasilitas, Anda tidak perlu khawatir. Seluruh keperluan yang Anda butuhkan untuk aktivitas wisata Anda di pantai ini seperti tempat makan, tempat parkir, mushola, toilet, tempat berteduh, dll, semuanya telah tersedia.

Bagaimana? Anda tertarik untuk menyambangi pantai ini? Jika ya, Anda dapat berkunjung ke pantai ini kapan pun Anda mau selama 24 jam non stop.

Untuk mendapatkan pengalaman wisata terbaik, Anda kami sarankan untuk berkunjung di sore hari. Kenapa? Karena di sore hari, panoramanya cenderung lebih indah dan udaranya pun juga sudah cenderung tidak terlalu panas.

Oh ia, untuk urusan tiket masuk, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya biaya tiket masuk ke Pantai Morosari Demak ini tergolong sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 5000 saja per orang.

6. Hutan Mangrove Morosari

Alamat: Bedono, Sayung, Bedono, Demak, Kabupaten Demak

Hutan Mangrove Morosari via Bentengkampus

Hutan Mangrove Morosari via Bentengkampus

Sebelumnya kita telah membahas Pantai Morosari bukan? Nah, tidak jauh dari pantai tersebut ada tempat wisata lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi, yaitu Hutan Mangrove Morosari.

Hutan Mangrove Morosari dan Pantai Morosari sejatinya merupakan dua tempat wisata yang berbeda.

Hanya saja, karena lokasinya yang berdekatan, pengelola dua tempat wisata ini akhirnya setuju untuk menjadikannya satu paket wisata.

Secara keseluruhan, Hutan Mangrove Morosari menawarkan daya tarik utama yang tidak jauh berbeda dengan kebanyakan hutan mangrove di daerah lainnya.

Di sini Anda dapat berkeliling areal hutan mangrove dengan berjalan di atas jembatan yang tersedia.

Jika beruntung Anda dapat melihat kawanan burung bangau yang memang banyak hidup di kawasan hutan ini.

Di hari normal, Hutan Mangrove Morosari dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam non stop.

Hanya saja, untuk mendapatkan pengalaman wisata yang optimal, Anda kami sarankan untuk berkunjung ke tempat ini di sore hari, terutama saat cuaca sedang cerah / kemarau.

Di saat – saat tersebut, panorama sunset akan terlihat lebih jelas dan lebih indah.

Oh ia, karena agak jauh dari lokasi Pantai Morosari, untuk bisa sampai ke lokasi hutan mangrove ini Anda kami sarankan untuk memanfaatkan sepeda motor. Atau, jika ingin mendapatkan pengalaman yang lebih asyik, Anda dapat memanfaatkan moda transportasi perahu tradisional yang banyak ditawarkan oleh masyarakat setempat.

Satu hal yang harus Anda ingat, saat berkunjung ke hutan mangrove ini, Anda harus selalu mengenakan pakaian yang sopan dan yang bukan muhrim dilarang bergandengan tangan, mengingat tidak jauh dari lokasi hutan mangrove ini ada makam salah satu orang penting di Demak, yaitu Syekh Abdullah Mudzakir.

7. Pantai Tirangan

Alamat: Desa babalan, Kab. Demak

Pantai Tirangan

Pantai Tirangan via Inet

Tempat wisata di Demak yang selanjutnya adalah Pantai Tirangan. Pantai Tirangan berlokasi di Desa babalan, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Mirip seperti Pantai Morosari, pantai ini juga menawarkan daya tarik utama berupa hutan bakau dan jembatan yang menjorok ke arah laut.Bedanya, Pantai Tirangan memiliki wilayah pantai berpasir yang bisa dimanfaatkan untuk berjemur, bermain pasir, dll.

Jika Anda merupakan seorang pecinta makanan laut, Pantai Tirangan merupakan tempat yang sangat pas untuk Anda.

Pasalnya, jika Anda datang pada waktu yang tepat, Anda dapat bertemu dengan para nelayan yang baru pulang menangkap ikan.

Nelayan tersebut biasanya membawa berbagai macam ikan segar yang bisa dibeli dengan harga miring.

Mirip seperti beberapa objek wisata di Demak yang sebelumnya, Pantai Tirangan juga dibuka untuk wisatawan umum selama 24 jam non stop.

Hanya saja, waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah di sore hari, yaitu menjelang waktu matahari terbenam.

Oh ia, untuk bisa sampai ke lokasi pantai ini, Anda harus berkendara menggunakan perahu. Untuk biaya sewanya Anda harus nego sendiri dengan pemilik perahu.

8. Pantai Marina

Alamat: Jl. Yos Sudarso, Kompleks PRPP, Kec. Tawang Sari, Kota Semarang

Tempat wisata di Demak yang selanjutnya adalah Pantai Marina. Pantai Marina berlokasi di Kota Semarang. Ya, pantai ini terletak di Kota Semarang.

Walaupun begitu, karena keindahannya yang sangat luar biasa, sekaligus jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Kab. Demak, pantai ini turut menjadi salah satu primadona wisata masyarakat Demak.

Secara keseluruhan pantai ini menawarkan daya tarik utama yang tidak jauh berbeda dengan kebanyakan pantai lainnya.

Garis pantainya tergolong cukup panjang dan lebar dengan pasir putih yang bersih dan halus.

Untuk kondisi airnya sendiri juga masih tergolong cukup bersih dan jernih dengan dentuman ombak yang tidak begitu tinggi.

Karena kondisi alamnya yang bagus, pantai ini tergolong sebagai salah satu tempat wisata favorit bagi masyarakat Demak.

Di akhir pekan, banyak masyarakat Demak yang berkunjung ke pantai ini bersama dengan keluarga untuk sekedar melepas penat setelah beraktivitas sepanjang pekan.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan di pantai ini tergolong cukup banyak. Dari mulai bermain air, berjemur, bermain pasir, hunting foto, sampai dengan memancing, semuanya bisa dilakukan di pantai ini.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah di sore hari, yaitu menjelang matahari terbenam.

Biasanya momen sunset ini sering dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk berburu foto.

Beberapa di antara mereka ada yang turut memanfaatkannya untuk mengambil foto pre wed juga lho!

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke pantai ini?

Jika ya, Pantai Marina terletak di Jl. Yos Sudarso, Kompleks PRPP, Kec. Tawang Sari, Kota Semarang, Jawa Tengah.

Pantai ini buka setiap hari selama 24 jam non stop dengan biaya tiket masuk sebesar Rp. 3.000 per orang.

Sangat murah bukan?

9. Sentra Kerajinan Batik

Alamat: Kecamatan Wedung, Kab. Demak

Sentra Kerajinan Batik via Kerajinanindonesia

Sentra Kerajinan Batik via Kerajinanindonesia

Mirip seperti Jogja dan Solo, walaupun tidak berstatus sebagai Kota Batik, Demak juga memiliki banyak pengrajin batik.

Para pengrajin batik di sini terpusat di beberapa daerah tertentu.

Nah, jika mau Anda dapat berkunjung ke salah satu sentra pengrajin batik yang ada di Kota Para Wali ini.

Nantinya, selain bisa melihat secara langsung proses pembuatan kain batik, Anda juga bisa mempelajari bagaimana cara membatik yang baik dan benar.

Selain itu, jika mau Anda juga bisa membeli kain batik entah itu untuk keperluan pribadi maupun untuk keperluan oleh – oleh dengan harga yang relatif lebih murah dari tempat – tempat lainnya.

Oh ia, sekedar informasi, kain batik yang diproduksi oleh para pengrajin batik di Demak memiliki ciri khas sendiri lho, terutama di bagian motifnya.

Salah satu motif batik Khas Demak yang sangat populer di kalangan para pecinta batik adalah motif Masjid Agung Demak.

Nah, bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk datang ke sentra kerajinan batik yang ada di Kabupaten Demak?

Jika ya, Anda dapat berkunjung ke daerah Kecamatan Wedung, Kab. Demak, jawa Tengah di hari dan jam kerja.

Jika hanya sekedar melihat – lihat, Anda tidak akan dikenai biaya apa pun sama sekali. Namun jika Anda ingin belajar, beberapa pengrajin batik yang memang menyediakan layanan belajar ada yang turut menarik biaya dengan besaran tertentu.

10. Sentra Kerajinan Kaligrafi

Alamat: Kampung Tembiring, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak

Sentra Kerajinan Kaligrafi via inet

Sentra Kerajinan Kaligrafi via inet

Tempat wisata di Demak yang selanjutnya adalah Sentra Kerajinan Kaligrafi.

Berstatus sebagai Kota Para Wali, Demak juga dikenal dengan kerajinan kaligrafinya yang sangat luar biasa.

Kaligrafi buatan para pengrajin di Demak terkenal akan kualitas dan keindahan bentuk ukirannya.

Konon, karena kualitasnya yang benar – benar bagus, menurut informasi yang beredarproduk kaligrafi buatan para pengrajin Demak telah berhasil menembus pasar luar negeri.

Nah, jika Anda merupakan seorang pecinta atau pun kolektor kaligrafi, saat berkunjung ke Demak Anda kudu harus menyempatkan diri untuk singgah ke Sentra Kerajinan Kaligrafi.

Di sana Anda bisa melihat secara langsung proses pembuatan kaligrafi dari awal sampai jadi dan siap untuk dipasarkan.

Selain itu, Anda nantinya juga bisa membeli berbagai macam kaligrafi dengan harga yang relatif lebih murah dari harga normal.

Kalaupun Anda tidak sempat datang ke sentral kerajinannya dan hanya ingin membeli kaligrafi sebagai oleh – oleh, Anda bisa datang ke sekitaran Masjid Agung Demak, yaitu tempat dimana para pengrajin kaligrafi menjajakkan hasil karya seni mereka.

Namun jika Anda ingin melihat proses pembuatan kaligrafi secara langsung, Anda dapat meluncur ke daerah Kampung Tembiring, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Biasanya para pengrajin kaligrafi beroperasi di hari kerja mulai pagi hingga sore. Namun untuk galerinya akan beroperasi sampai malam hari.

11. Brown Canyon

Alamat: Desa Koban Batur, Kec. Mranggen, Kab. Demak

Brown Canyon via Tribunnews

Brown Canyon via Tribunnews

Saat mendengar nama objek wisata ini, apa yang muncul di benak Anda pertama kali?

Wisata Green Canyon di Amerika bukan?

Ya, objek wisata ini dinamai Brown Canyon karena tampilannya memang mirip seperti tampilan objek wisata Green Canyon yang ada di Amerika.

Bedanya, jika Green Canyon berwarna kehijauan, Brown Canyon yang ada di Demak ini berwarna coklat. Itulah kenapa namanya diganti dari “Green” menjadi “Brown”.

Di sini Anda dapat melihat panorama alam berupa tebing berwarna kecokelatan yang sangat eksotis.

Kabarnya areal tebing di tempat ini dulunya merupakan lokasi pertambangan. Belakangan, setelah tidak menguntungkan, lokasi tambang ini akhirnya ditinggalkan oleh pengelolanya. Dan karena sisa – sisa tambangnya terlihat bagus, akhirnya wisatawan lokal mulai mendatanginya sebagai lokasi untuk berfoto.

Secara keseluruhan, saat berkunjung ke objek wisata ini tidak banyak aktivitas wisata menarik yang bisa Anda lakukan. Namun jika Anda merupakan seorang pecinta fotografi, objek wisata ini benar – benar sangat pas untuk Anda.

Tempat ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam non stop, sehingga Anda bisa mendatanginya kapan pun Anda mau.

Walaupun begitu, untuk mendapatkan panorama terbaik, Anda kami sarankan untuk berkunjung ke tempat ini di sore hari, yaitu saat menjelang matahari terbenam.

12. Kolam Renang Polaris Demak

Alamat: Jl. Sunan Kalijaga, Botorejo, Demak

Kolam Renang Polaris Demak

Kolam Renang Polaris Demak

Khusus untuk Anda yang hobi berenang dan bermain di wahana permainan air, saat berkunjung ke Demak jangan lupa singgah ke objek wisata Kolam Renang Polaris Demak.

Objek wisata ini terletak di Jl. Sunan Kalijaga, Botorejo, Demak, Jawa Tengah.

Walaupun berstatus sebagai kolam renang, tempat wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan air lho! Sebut saja seluncuran lurus dan seluncuran putar. Dua wahana permainan air tersebut bisa dinikmati oleh pengunjung secara cuma – cuma sepuasnya.

Bagi Anda yang membawa anak – anak, Anda tidak perlu khawatir. Kenapa? Karena kolam renang ini sangat ramah keluarga dan anak – anak.

Hal ini terbukti dari keberadaan dua jenis kolam renang, yaitu kolam renang khusus untuk orang dewasa dan kolam renang khusus untuk anak – anak.

Oh ia, selain menawarkan wahana permainan air, objek wisata ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas wisata yang cukup lengkap lho!

Dari mulai tempat duduk, tempat berteduh, toilet, sampai dengan mushola, semuanya sudah disediakan oleh pihak pengelola.

13. Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima

Lokasi: Desa Betokan, Tempuran, Sidomulyo, Wonosari, dan Mranak

Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima via Potensijateng

Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima via Potensijateng

Tempat wisata di Demak yang selanjutnya adalah Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima.

Selain terkenal akan kerajinan batik dan kaligrafi, Kabupaten Demak juga dikenal sebagai salah satu sentra penghasil buah Belimbing dan Jambu Merah Delima.

Kabarnya, hasil kebun Belimbing dan Jambu merah Delima di Kabupaten Demak telah dipasarkan ke berbagai penjuru daerah di Indonesia.

Nah, jika mau Anda dapat berkunjung ke beberapa agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima yang ada di Kab. Demak.

Di sana Anda bisa melihat secara langsung proses pemanenan dan pemeliharaan kebun belimbing.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan aktivitas petik buah sendiri di kebunnya secara langsung.

Jika mau, Anda juga bisa membeli buah Belimbing dan Jambu Merah Delima untuk dibawa pulang sebagai oleh – oleh.

Atau, jika Anda hobi bercocok tanam, Anda bisa membeli bibit belimbing dan jambu merah delima untuk ditanam di rumah.

Satu hal yang pasti, jika Anda membeli buah atau pun benih pohon belimbing dan jambu merah delima di Sentra Agrowisata Belimbing dan Jambu Merah Delima Demak, harga yang harus Anda bayar akan jauh lebih murah ketimbang Anda membelinya di luar Demak.

Bagaimana? Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat ini? Jika ya, ada beberapa kawasan agrowisata yang bisa Anda kunjungi, yaitu di Desa Wonosari, Desa Tempuran, Desa Mranak, Desa Sidomulyo, dan Desa Betotan.

14. Sentra Kerajinan Rebana

Alamat: Jalan Raya Bonang Demak, Karangmlati, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan alat musik rebana bukan?

Nah, percaya atau tidak Kabupaten Demak merupakan salah satu sentra kerajinan rebana terbesar di Indonesia.

Untuk itu, saat berkunjung ke Demak jangan lupa untuk singgah ke sentra kerajinan rebana yang berlokasi daerah Karangmlati, Kec. Demak.

Di sentra kerajinan rebana Anda dapat melihat secara langsung proses pembuatan alat musik rebana dan bedug dari mulai nol sampai jadi.

Selain itu Anda juga bisa mempelajari sejarah marawis dan rebana (berupa fungsi, nama, dan filosofi yang terkandung di dalamnya) dari para pengrajin secara langsung.

Jika mau Anda juga bisa membeli alat musik rebana dengan banderol harga yang cukup miring.

15. Kelenteng Hok Tek Bio

Alamat: Jalan Siwalan No 3, Bintoro, Kec. Demak

Kelenteng Hok Tek Bio via ditempatwisata-com

Kelenteng Hok Tek Bio via ditempatwisata.com

Klenteng yang merupakan rumah ibadah ummat Konghucu ini bisa kamu jadikan destinasi wisata saat hari libur. Tempatnya cukup unik, dan para pendiri dan sesepuh di Klenteng ini tidak keberatan untuk dibuka secara umum.

16. Pantai Glagah Wangi Istambul

Alamat: Desa Tambakbulusan Kecamatan Karangtengah, Demak

Pantai Glagah Wangi Istambul

Pantai Glagah Wangi Istambul via Inet

Tempat liburan di Demak yang selanjutnya adalah Pantai Glagah Wangi Istambul.

Pantai Glagah Wangi Istambul terletak di Kec. Karang Tengah, tepatnya di Desa Tambak Bulusan, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Pantai ini merupakan salah satu tempat wisata baru di Demak yang belum begitu populer di kalangan wisatawan.

Walaupun belum populer, namun daya tarik pantai ini benar – benar sangat luar biasa.

Dibandingkan dengan beberapa objek wisata pantai di daerah Demak yang lainnya, pantai ini cenderung memiliki ombak yang paling bersahabat untuk keluarga dan anak – anak.

Karena ombaknya yang bersahabat, areal pinggiran pantainya menjadi aman untuk dijadikan sebagai tempat untuk bermain pasir dan air.

Sayangnya karena masih baru, objek wisata ini masih sangat minim fasilitas. Bahkan akses jalan menuju ke lokasinya pun masih tergolong kurang layak untuk dilalui.

Walaupun begitu, secara keseluruhan, pantai ini tergolong sangat layak dan menarik untuk dikunjungi, selama Anda mau dan mampu memenuhi seluruh kebutuhan (berupa makanan, minuman, dll) Anda sendiri.

Di hari normal objek wisata ini dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam non stop.

Untuk bisa masuk ke areal pantai ini, Anda tidak perlu merogoh kocek untuk uang tiket masuk.

Yang perlu Anda siapkan paling hanya uang parkir kendaraan sebesar Rp. 7.500 dan uang untuk menyewa perahu sebesar Rp. 15.000 per orang (opsional).

17. Waterboom Niagara

Alamat: Petengan Selatan, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak

Waterboom Niagara via Gramhanet

Waterboom Niagara via Gramha.net

Selain beberapa kolam renang dan water park di atas, masih ada beberapa alternatif tempat wisata lain yang bisa dimanfaatkan untuk berenang dan bermain air di Demak. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Waterboom Niagara yang berlokasi di Daerah Petengan Selatan, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Berstatus sebagai waterboom, objek wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai macam wahana permainan air yang cukup menarik.

Dari mulai wahana seluncuran, sampai dengan wahana ember tumpah, semuanya sudah tersedia dan bisa dinikmati oleh pengunjung.

Biasanya, tempat wisata keluarga di Demak yang satu ini beroperasi setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 5 sore.

Untuk bisa menikmati seluruh fasilitas yang tersedia di sini, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam – dalam. Cukup sediakan uang masuk sebesar Rp. 15.000 per orang, Anda sudah bisa menikmati seluruh fasilitas yang tersedia sepuasnya.

18. Wisata Mangrove Morodemak

Alamat: Desa Purworejo Kecamatan Bonang, Demak

Wisata Mangrove Morodemak via Detik

Wisata Mangrove Morodemak via Detik

Wisata Mangrove Morodemak merupakan salah satu tempat wisata baru di Demak yang belum banyak diketahui wisatawan.

Tempat wisata ini menawarkan daya tarik utama berupa kawasan hutan mangrove yang telah dikelola sedemikian rupa sehingga memiliki banyak spot bagus untuk berfoto.

Jika Anda merupakan tipikal orang yang suka memajang foto di instagram, objek wisata yang satu ini benar – benar sangat pas untuk Anda.

Lokasi objek wisata Mangrove Morodemak ada di DK. Tambak Pintu, Area Sawah, Morodemak, Bonang, Kab. Demak, Jawa Tengah.

Di hari normal objek wisata ini dibuka untuk umum setiap hari dari mulai pukul 8 pagi sampai dengan pukul 4 sore.

Karena masih baru, saat artikel ini ditulis tiket masuknya masih digratiskan.

19. Taman Ria Demak

Alamat: Desa Katonsari Gg. Mawar 1, Kec. Demak, Kab. Demak

Taman Ria Demak via Polri

Taman Ria Demak via Polri

Taman Ria Demak merupakan tempat wisata keluarga di Demak yang sangat populer di kalangan wisatawan lokal.

Taman ini menawarkan daya tarik utama berupa tempat bermain dan berenang untuk keluarga.

Uniknya, jika mayoritas taman ria lainnya dibangun dengan menggunakan gaya arsitektur modern, taman ria ini dibangun dengan menggunakan gaya arsitektur tradisional khas jawa.

Karenanya, selain cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk berenang dan bermain, taman ini juga sangat pas untuk dijadikan sebagai tempat untuk berburu foto.

Lokasi Taman Ria Demak ada di Desa Katonsari Gg. Mawar 1, Kec. Demak, Kab. Demak, Jawa Tengah.

20. Tradisi Grebek Pasar Khas Demak

Alamat:  Desa Kadilangu, Demak

Tradisi Grebeg Pasar Khas Demak via egokil.blogspotcom

Tradisi Grebeg Pasar Khas Demak via egokil.blogspot.com

Tradisi Grebek Pasar pada dasarnya bukan merupakan tempat wisata.

Walaupun begitu, karena unik, tradisi yang satu ini banyak ditunggu – tunggu oleh wisatawan, terutama yang berasal dari luar daerah Jawa.

Biasanya tradisi ini dilakukan oleh pemerintah setempat pada Bulan Dzulhijah, tepatnya pada Tanggal 9 Dzulhijjah.

Pelaksanaan Tradisi Grebek Pasar akan dimulai dengan arak – arakan tumpeng songo dari kawasan pendopo kabupaten ke kawasan Masjid Agung Demak.

Sesampainya di Masjid Agung Demak, panitia akan melangsungkan acara pengajian.

Selepasnya pengunjung dapat menikmati tumpeng songo yang tersedia di area serambi masjid.

Keesokan harinya (tanggal 10 Dzulhijah), acara akan dilanjutkan ke sesi puncak.

Pada hari tersebut Bupati dan para stafnya akan berjalan diiringi puluhan Prajurit Patang dari Masjid Agung Demak menuju kawasan Kadilangu untuk melakukan upacara jamasan.

Upacara Jamasan sendiri merupakan upacara tradisi untuk memandikan pusaka peninggalan para wali dan kerajaan Demak.

Walaupun menarik, sayangnya acara ini hanya dilangsungkan satu kali dalam setahun. Untuk itu, jika Anda ingin mengikutinya, mau tidak mau Anda harus datang ke Demak di Tanggal 9 – 10 Dzulhijjah tahun depan.

21 Desa Wisata Tlogoweru

Alamat: Desa Tlogoweru, Kecamatan Guntur, Kabupaten Demak

Desa Wisata Tlogoweru via klikalkautsar3.blogspotcom

Desa Wisata Tlogoweru via klikalkautsar3.blogspot.com

Selanjutnya anda bisa mengunjungi desa wisata Tlogoweru. Kenapa desa ini menarik untuk dikunjungi? Awalnya, karena adanya serangan hama terhadap tanaman padi masyarakat, para petani pun berang.

Akhirnya petani memusnahkan hama tikus ini dengan memelihara burung hantu. Tidak tanggung-tanggung, sampai tulisan ini dimuat, setidaknya adalah 200 ekor burung hantu yang diperlihara oleh masyarakat.

Dan ternyata, dengan banyaknya petani memelihara burung hantu ini menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan datang kesini.

Wisatawan dapat melihat berbagai jenis burung hantu di Desa Tlogoweru, dan yang jenis yang terbanyak adalah jenis tyto alba. Oh ya sob, disini juga ada penangkaran burung hantu lho.

22. Pantai Surodadi

Alamat: Desa Surodadi, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak

Pantai Surodadi via imgrum-net

Pantai Surodadi via imgrum.net

Tempat wisata di Demak selanjutnya adalah pantai Surodadi. Nama pantai yang diambil dari nama desa ini memiliki hutan mangrove yang menarik untuk kita sambangi.

Kamu akan dimanjakan dengan hijaunya hutan mangrove yang adem. Cocok sekali untuk mengisi waktu liburanmu.

Pantai Surodadi ini termasuk cukup tenang dan memiliki garis pantai yang landai sehingga sangat seru untuk bermain pasir atau kejar-kerajan.

23. Ekowisata Reduksi Kedungmutih

Alamat: Desa Kedungmutih, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak

Ekowisata Reduksi Kedungmutih via Youtube

Ekowisata Reduksi Kedungmutih via Youtube

Tempat wisata di Demak selanjutnya adalah ekowisata Reduksi (Rumah Edukasi Silvofishery). Ekowisata ini merupakan objek wisata alam dan edukasi berupa hutan mangrove mini.

Awalnya ekowisata ini merupakan tempat untuk membibitkan tanaman mangrove, namun seiring berjalannya waktu dikembangkan menjadi ekowisata yang menarik untuk kita sambangi.

Disini anda bisa menjelajahi jalur tracking yang sengaja sudah dibuat oleh pengelola. Jalur ini memiliki beberapa spot selfie kekinian yang akan membuat acara narsismu semakin maksimal.  Ada backgroud love, kupu-kupu, hingga papan tulisan dengan kata-kata yang unik.

24. Desa Wisata Banyumeneng

Alamat: Desa Banyumeneng, Kecamatan Mranggen, Kabupaten Demak

Desa Wisata Banyumeneng via Kcdnews

Desa Wisata Banyumeneng via Kcdnews

Tempat wisata di Demak selanjutnya adalah desa wisata Banyumeneng yang menawarkan keindahan panorama ala dari ketinggian.

Anda bisa menikmati keindahan alam dari ketinggian perbukitan, karena memang desa ini berada di wilayah perbukitan.

Anda jua bisa mencoba olahraga yang menguji adrenalin berupaya paralayang yang menantang. Oh ya, untuk mencoba olahraga menantang ini, kamu yang masih pemula bisa didampingi instruktur kok.

Selain menikmati keindahan alam dan mencoba olahraga yang memicu adrenalin kamu juga bisa mengunjungi pasar tumpah yang diselenggarakan setiap Sabtu dan Minggu.

25. Alun-alun Simpang Enam Demak

Alamat: Jalan Sultan Fatah No. 41, Kauman, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak

Alun-alun Simpang Enam Demak via Twitter

Alun-alun Simpang Enam Demak via Twitter

Alun-alun Demak juga bisa kamu jadikan tempat untuk menghabiskan waktu liburan lho. Alun-alun yang berada di pusat kota Demak ini menjadi tempat nongkrong favorit anak-anak muda.

Lokasinya yang berhadapan dengan Masjid Agung ini sering dijadikan lokasi event-event besar juga. Tempatnya yang luas membuat orang senang kumpul-kumpul di alun-alun ini. Kalau malam hari, kamu bisa menikmati berbagai kuliner plus hiburan air mancur menari yang unik.

26. Taman Love

Alamat: Jalan Raya Welahan Km. 33, Cangkring, Desa Mulyareja, Kab. Demak

Taman Love via Youtube

Taman Love via Youtube

Taman love ini merupakan taman yang dibuat oleh anak-anak muda kreatif guna memanfaatkan lahan kosong yang tidak terkelola dengan baik.

Berkat sentuhan tangan kreatif, lahan kosong ini kemudian disulap menjadi spot kekinian yang kece abis. Taman ini dilengkapi dengan ayunan, gardu pandang, gazebo, dan kolam. Walaupun sederhana, namun tempat ini tidak kalah kecenya dengan spot wisata lainnya lho.

*****

Demikianlah ulasan mengenai daftar tempat wisata di Demak yang kami rekomendasikan untuk anda kunjungi. Semoga bisa menjadi referensi rekreasi anda selanjutnya.

Kunjungi juga yuk: Keindahan Candi Gedong Songo Semarang

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *