11 Spot Foto Pantai Ngobaran Terbaru – Harga Tiket Masuk

Pantai Ngobaran Adalah keindahan dari Yogyakarta yang bisa dibilang berbeda dari kawasan yang lainnya di kota gudeg ini. Dimana, kebudayaan dan alam seakan mampu menjadi satu menghadirikan suasana pemandangan yang menarik untuk dinikmati.

Kawasan ini juga sebagai lambang bahwa perbedaan pun bisa dijadikan satu menjadi keberagaman yang memang indah untuk dilihat. Seperti, hadirnya pura dan juga musholla yang menandakan bahwa tempat ini menjunjung tinggi sila ke 3, persatuan Indonesia.

Terkadang pula kita bisa melihat umat muslim yang berangkat ke musholla untuk sholat. Dan umat hindu yang sedang melakukan upacara di pura.

Tanpa ada rasa saling mengganggu satu sama lain. Inilah cerminan Pancasila yang patut di contoh di berbagai kawasan di Indonesia. Sungguh, indah nian melihatnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Ngobaran

harga tiket masuk menuju pantai ngobaran
foto : https://www.instagram.com/aguzprasetiya/

Harga tiket masuk pantai ngobaran tidak mahal. Anda hanya akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah saja. Di tambah dengan biaya parkir sebesar 3 ribu rupiah untuk motor dan 10 ribu rupiah untuk mobil.

Bagi anda yang membawa bus, tarif parkir akan dikenakan biaya 20 ribu rupiah.

Simak juga daftar 50 Pantai di Gunung Kidul yang sangat indah.

rute menuju pantai ngobaran
foto : https://www.instagram.com/anggarawepe/

Alamat pantai ngobaran terletak di Jalan Ngobaran, Ngrenehan, Sapto Sari, Gebang, Kanigoro, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55871.

Dari stasiun Tugu anda harus menempuh jarak 58 km dengan waktu tempuh 1 jam 40 menit. Jika, anda masuk melalui bandara adi sutjipto anda akan menempuh 55 km atau 1 jam 30 menit.

rute menuju pantai ngobaran dari kota Yogyakarta arahkan kendaraan menuju ke Jalan Imogiri timur. Kemudian, lurus terus hingga anda akan sampai di pertigaan kemudian ambil kanan menuju ke selopamiro hingga jalur lintas selatan. Ikuti saja papan petunjuk yang sudah banyak tersedia disini.

jalan menuju pantai ngobaran lainnya bisa melalui arah wonosari. Kemudian, ambil jalan menuju ke Baron, dari pertigaan ini ambil ke kanan. Setelah itu, anda bisa mengikuti beberaoa petunjuk arah yang sudah tersedia yang mengarahkan anda menuju ke objek wisata ini.

Datang juga ke Pantai Sepanjang Gunung Kidul yang tak kalah indahnya.

Sejarah Singkat

 jalan menuju pantai ngobaran
foto : https://www.instagram.com/ayuroebecca/

Siapa disangka bahawa wisata pantai ngobaran mempunyai banyak cerita sejarah yang tercatat mengenai Pantai Ngobaran ini. Dimana, kawasan ini memiliki kaitan erat dengan kerajaan Majapahit dan Demak. Waktu itu, Raden Patah sedang menyerang Raja Brawijaya V.

Sang raja yang tidak ingin bertarung dengan anaknya sendiri memutuskan untuk pergi menyusuri pantai. Kemudian, beliau memutuskan untuk Ucal Muksa atau pembakaran diri yang mengakibatkan kobaran api yang besar. Oleh karena itu, tempat ini disebut dengan nama Ngobaran.

Kunjungi juga Pantai Sadranan yang unik dan menarik.

Spot Wisata Pantai Ngobaran

alamat pantai ngobaran
foto : https://www.instagram.com/robbynikoo/

Pantai Ngobaran memang terlihat mengesankan dengan hamparan sawah hijau. Tahukah anda apa sawah yang ada disini? Cobalah mengunjungi sela-sela karang maka, anda akan melihat hamparan alga hijau yang terlihat seperti sebuah sawah.

Tidak ada alga hijau saja tetapi, anda juga bisa menikmati berbagai macam binatang laut yang lucu-lucu dan bisa anda jadikan sebagai spot foto nan menawan hati.

Tidak cukup sampai foto saja melainkan, ada beberapa aktifitas yang menarik untuk dilakukan disini.

1. Melihat Masyarakat Sekitar

wisata pantai ngobaran
foto : https://www.instagram.com/hutamianika/

Disini, kita akan melihat penduduk sekitar dengan berbagai aktifitas dan mata pencaharian mereka.

Dimana, nelayan dan petani adalah profesi yang bisa anda lihat disini.

Kunjungi juga wisata Pantai Drini yang sangat indah.

2. Sunset Nan Menawan

jalan menuju pantai ngobaran
foto : https://www.instagram.com/bisrimuhammad_/

Berburu sunset disini memang sedikit berbeda dari yang lainnya. Karena, disini kita bisa melihat berbagai macam patung-patung siluet yang membuat anda tidak bisa berkata-kata sedikit pun.

Apalagi, warna langitnya yang dari biru berubah menjadi oranye dan sedikit kemarah-merahan. Inilah yang memang selalu ditunggu oleh banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Ngobaran.

Oleh karena itu, siapkan kamera yang mempunyai kualitas bagus agar apa yang anda lihat bisa diabadikan ke dalam sebuah bingkai kenangan.

3. Upacara Adat

Lokasi wisata pantai ngobaran
foto : https://www.instagram.com/ndromorrow/

Pada saat memasuki Lokasi wisata pantai ngobaran, anda akan mencium bau sesajen dan dupa yang cukup menyengat. Otomatis nuansa mistis akan terasa tetap tenang dan jangan takut. Bau dupa tersebut menjadi wajar karena, pantai ngobaran juga digunakan sebagai tempat untuk upacara adat.

Biasanya digunakan upacar adat ini dilakukan pada saat bulan purnama atau di bulan-bulan tertentu. Kita juga bisa lho, menikmati kegiatan ini. karena, biasanya upacara adat aka nada banyak wisatawan yang datang berkunjung.

Datang juga ke Pantai Jogan yang mempunyai banyak spot foto hits.

4. Wisata Kuliner Laut

alamat pantai ngobaran
foto : https://www.instagram.com/silviarosetti_/

Tahukah anda bila khas dari kawasan ini adalah landak laut yang merupakan kuliner yang konon katanya rasanya sangat nikmat. di luar negeri saja, landak laut di hargai dengan harga yang cukup fantastis.

Cobalah untuk menikmati cita rasanya yang sudah diolah dengan berbagai macam bumbu. Selain landak laut, olahan seafood yang bisa kita nikmati adalah ikan, cumi, udang, serta kerang laut.

Jangan hanya mencicipi makanannya saja, tetapi jangan lewatkan juga minumannya yang menyegarkan yaitu es kelapa muda yang diambil langsung dari pohonnya.

Rasakan kesegaran yang berbeda. Apalagi, bila anda menikmatinya saat udara panas dan terik matahari sangat menyengat.

Untuk menemani santai dan istirahat, tidak ada salahnya bila menikmati camilan khas yang bisa anda beli di berbagai warung. Seperti, peyek ikan yang harganya cukup murah, hanya 3 ribu rupiah saja.

Peyek ini rasanya gurih asin dan cocok dijadikan sebagai makanan pendamping. Ada juga camilan kerupuk rumput laut yang harganya dibanderol 3 ribu rupiah untuk satu bungkus plastiknya. Atau menikmati kerupuk yang terbuat dari bahan alga yang harganya 5 ribu rupiah saja.

Baca juga: Pantai Ngetun Gunung Kidul.

5. Bangunan Menawan

wisata pantai ngobaran
foto : https://www.instagram.com/ariyaniyantut42/

Saat anda menyusuri pantai, pasti anda akan menemukan sebuah area dengan berbagai macam patung terlihat disini. Membentuk sebuah formasi yang tak biasa. Arca-arca ini memang mirip dengan beberapa dewa seperti ganesha, Syiwa.

Ada juga, patung dewa wisnu yang menghadap ke laut dan sedang naik burung garuda. Disarankan untuk tidak berlaku aneh-aneh. Karena, di bangunan ini masih tersedia beberapa sajen. Sehingga secara tidak langsung banyak yang mengatakan kawasan ini cukup angker.

Apalagi, disini juga hadir bangunan kejawen serta bukit tinggi. Konon katanya, puncak ini digunakan sebagai tempat untuk bersemedi. Sehingga, tidak sembarang orang yang bisa masuk kedalam sini.

6. Pantai Sekitar

Lokasi wisata pantai ngobaran
foto : https://www.instagram.com/wantoro_47/

Keunikan dari Ngobaran tidak hanya sampai disitu saja. Melainkan, kawasan ini mempunyai tetangga yang wajib anda kunjungi. Pertama, adalah pantai ngrenehan yang terkenal dengan berbagai macam nelayan-nelayan yang kapalnya bersandar di tepi pantai.

Ada juga, pantai Nguyahan yang memang masih sepi, tetapi sudah dilengkapi dengan spot selfi. Disini, kontur tanahnya memang lebih turun. oLeh karena, itu, bila hujan deras kawasan ini sering teradi banji. Sehingga, anda harus berhati-hati.

Kunjungi juga wisata Pantai Nglambor yang ngehits saat ini.

Pantai Ngobaran adalah kawasan wisata di Yogyakarta yang tidak boleh untuk anda lewatkan. Karena, kita bisa belajar banyak dari apa yang akan disuguhkan. Bila yang lain sudah pernah berkunjung ke sini lalu, anda kapan? Nggak enak bukan, yang lain sudah berkunjung tetapi, anda sendiri belum?


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *