11 Spot Foto Pantai Krakal terbaru – Harga Tiket Masuk

Nama Pantai Krakal pasti sudah tidak asing lagi di telinga wisatawan. Pantai yang sudah ada dan menjadi jajaran Pantai Klasik di Jogja ini memang layak untuk dikunjungi. Pesonanya yang megah dan menawan hati membuat siapa pun ingin mengunjunginya lagi dan lagi.

Menikmati objek wisata ini bisa dengan berbagai macam cara. Apalagi, kawasan ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang ramah untuk wisatawan.

Spot-spot yang menarik, serta aktifitas yang tidak akan mungkin bisa menolaknya.

Harga Tiket Masuk Pantai Krakal

harga tiket masuk pantai krakal
foto :https://www.instagram.com/herupermadi044/

Sebelum kita mengetahui lebih jauh apa saja yang ada disini. Mari kita simak terlebih dahulu harga tiket masuk pantai krakal. Dimana, kita semua akan dikenakan biaya sebesar 10 ribu rupiah.

Tiket ini juga sudah termasuk biaya mengunjungi beberapa pantai yang ada di sepanjang Pantai Krakal. Di tambah dengan biaya parkir untuk motor 3 ribu rupiah, dan mobil sebesar 5 ribu rupiah.

Baca juga: daftar tempat wsata Pantai Gunung Kidul yang bisa anda kunjungi.

 rute menuju pantai krakal
foto : https://www.instagram.com/ulfamaruapey82/

Setelah kita mengetahui berapa harganya. Saatnya kita membuka peta, dimana alamat pantai krakal. Kawasan yang menawan di Yogyakarta ini terletak di Desa Ngastiharjo, Tanjung Sari, Gunung Kidul. Jaraknya dari kota Yogyakarta kurang lebih 65 km. Atau membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit.

Rute menuju pantai krakal sebenarnya mudah. Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju kearah piyungan, pathuk, Bundaran tugu BPD, Jalan Pantai Baron, hingga akhirnya, kita akan menemukan objek wisata ini.

jalan menuju pantai krakal Sudah bagus dan halus. Hanya saja, ada beberapa kelokan tajam yang membutuhkan perhatian khusus. Sehingga, disarankan untuk tidak memacu kendaraan dalam kecepatan tinggi.

Datang juga ke Pantai Ngandong.

Catatan Sejarah

alamat pantai krakal
foto : https://www.instagram.com/tri_adisantoso/

Sebelum menikmati kawasan ini marilah kita tengok kembali ke belakang, sejarah apa yang pernah dituliskan Tempat ini. Dimana, kita akan disajikan dengan sebuah cerita mengenai terbentuknya objek wisata di Gunung kidul ini.

Banyak cerita yang menyebutkan bahwa tempat ini dahulunya berada di dasar laut. Lalu, apa yang memicu terbentuknya kawasan ini? Sebuah aktifitas bumi yang bernama epirogenesa negatif.

Dimana, kerak bumi yang bergerak yang mengakibatkan lapisan bumi yang naik ke atas. Sehingga, terbentuklah Pantai Krakal yang menawan.

Tidak hanya sampai di situ saja melainkan, epirogenesa negative juga yang membuat tempat ini mempunyai ciri khas. Dengan hadirnya dua karang yang besar. keduanya mempunyai warna hitam, menghadirkan warna yang cukup kontras dengan pasir putihnya.

Selain menambah estetika keindahan, dua batu karang ini juga sebagai pembatas antara pantai satu dengan yang lainnya. Seperti diketahui, Gunung Kidul adalah bagian selatan Yogyakarta yang berbatasan langsung dengan samudera Hindia. Sehingga, menghadirkan rona pantai yang epic dan menawan hati.

Perlu diketahui, nama krakal ini sebenarnya diambil dari bebatuan karang dimana, dalam bahasa jawa karang ini dinamakan krakal. Menariknya lagi, anda bisa naik ke atas yang sudah dibuatkan jalan, melihat betapa indahnya pemandangan dari atas ini.

Kunjungi juga Pantai Greweng.

Aktifitas yang Bisa Dilakukan

Menariknya di kawasan ini, anda bisa melihat berbagai macam biota laut di pinggiran karang. Anda hanya perlu menangkapnya menggunakan jaring saja.

Berada di kawasan ini akan sangat rugi bila hanya menikmati semilir anginnya saja. Karena, diam-diam pantai krakal menghadirkan beberapa aktifitas yang sulit untuk kita tolak.

1. Berjemur dan berenang

Lokasi wisata pantai krakal
foto : https://www.instagram.com/tinieazzah/

Berjemur dan berenang adalah kegiatan yang tidak boleh dilewatkan karena, luas bibir pantai kawasan ini mencapai 4 km luasnya. Sehingga, anda bisa melakukan apa pun. termasuk olahraga voli atau juga sepak bola. Dengan memanfaatkan beberapa bebatuan karang sebagai gawangnya.

Selain itu, pasir pantai nan putih bisa dijadikan sebagai sebuah istana yang megah. Anda juga bisa bermain layang-layang disini dengan memanfaatkan angin yang berhembus sangat kencang.

2. Snorkeling di Pantai Krakal Gunung Kidul

wisata pantai krakal
foto : https://www.instagram.com/sutiko_/

Selain bisa menikmati menaklukkan ombak. Kita juga akan disuguhkan dengan dunia bawah laut yang memang mengesankan. Ada banyak ikan yang bisa anda nikmati disini, berserta terumbu karang yang indah nan elegan.

Untuk memesan semua peralatan lengkapnya, kita akan dikenakan biaya sebesar 50 ribu hingga 70 ribu rupiah. Kita akan mendapatkan sarana perlengkapan yang sudah disesuaikan dengan dunia internasional.

Sehingga, tidak perlu takut jika ingin bertemu dengan penghuni bawah laut pantai krakal.

Lihat juga: Pantai Timang Gunung Kidul

3. Sunrise dan Sunset

jalan menuju pantai krakal
foto : https://www.instagram.com/jr_tm27/

Jangan lupakan pemandangan matahari terbenam yang ternyata di sinilah spot paling cantik di kota Yogyakarta. pesona warna oranye nya memang yang seakan menyelimuti langit yogyakarta.

Jangan lupa juga menikmati keindahan matahari terbit yang tidak kalah eloknya. dimana matahari akan keluar secara perlahan. Jadi, apakah rela melewatkan momen yang spesial ini

4. Surfing

 alamat pantai krakal
foto : https://www.instagram.com/arisfals/

Seperti kita ketahui bersama bahwa Lokasi wisata pantai krakal berada di pantai selatan, mempunyai ombak-ombak yang besar dan juga sedikit ganas. Bagi anda yang menyukai tantangan, anda bisa menikmati wahana surfing yang sengaja disajikan untuk wisatawan yang mau mencoba sesuatu yang baru.

Disini, sudah ada beberapa tempat yang menyediakan papan surfing serta menerima jasa pelatihan surfing sampai kita bisa. Harga sewanya tidak terlalu mahal hanya 50 ribu rupiah. Begitu pula dengan training surfingnya.

Disarankan untuk berhati-hati karena, banyaknya karang. Sehingga, anda harus memilih tempat yang tepat. Selain itu, hewan ubur-ubur dan landak laut juga menghiasi objek wisata ini.

Seperti di ketahui bila landak laut memiliki duri yang tajam sementara ubur-ubur memiliki sengatan yang mematikan jadi,  jangan sampai terlena dengan pesoanya ya.

Datang juga ke Pantai Siung Gunung Kidul.

Fasilitas yang Ditawarkan

wisata pantai krakal
foto : https://www.instagram.com/rizal_sabq/

Selain penarwaran sunset dan sunrise diatas. wisata pantai krakal juga masih menawarkan fasiitas seperti kamar mandi, area parkir yang luas, musholla, serta beberapa fasilitas lainnya seperti,

1. Penginapan pantai Krakal

Lokasi wisata pantai krakal
foto : https://www.instagram.com/andreas_agung_bawono/

Untuk memenuhi kebutuhan anda, beberapa penginapan pun sudah berdiri disini. Dimana, kebanyakan adalah home stay dengan harga mulai dari 150 ribu rupiah. Hingga hotel yang mewah dengan harga permalam nya mencapai 500 ribu rupiah.

2. Olahan Makanan

 jalan menuju pantai krakal
foto : https://www.instagram.com/arisfals/

Jangan lupa untuk menikmati olahan makanan yang ada di tempat ini. Ada berbagai macam olahan seafood yang mampu menggoda anda. Mulai dari goreng, atau juga bakar. Ada juga olahan seperti masak asam manis, masak rica, dan masih banyak lagi ragamnya.

Menariknya, menikmati berbagai macam olahan disini adalah kualitas seafood yang masih fresh. Sehingga, kenikmatan sesungguhnya dari sebuah ikan akan keluar dengan sendirinya. Dari segi harga pun cukup terjangkau.

Jangan lewatkan camilan yang tak kalah nikmatnya yaitu rempeyek. Dimana, rempeyek ini begitu special karena terbuat dari umbal-umbal. Hewan laut yang menempel di karang.

Pantai Krakal adalah pesona Yogyakarta yang tidak akan pernah habis di lekang oleh waktu. Kebersihannya memang selalu terjaga dengan baik. Oleh karena itu, diharapkan bagi anda yang berkunjung untuk selalu menjaga kebersihan. Jangan buang sampah sembarangan.

Kunjungi juga Pantai Sundak Gunung Kidul.

Banyak wisatawan yang datang silih berganti dan memposting hasil foto mereka disini. Jika, mereka sudah lalu, anda kapan? Tidak enak bukan, ketinggalan dengan yang lainnya.


Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *